Pemko Palangka Raya Gelar Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-72

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pemerintah Kota Palangka Raya menggelar upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-72, Kamis (17/8/2017).

Upacara HUT RI yang dilaksanakan di halaman balai kota Jalan Tjilik Riwut Km 5,5 ini dimulai pukul 07.00 WIB. Bertindak sebagai pemimpin ucapa adalah Walikota Palangka Raya, HM Riban Satia.

Dalam upacara ini juga dihadiri seluruh anggota DPRD, kepala satuan organisasi perangkat daerah (SOPD), pejabat dari instansi vertikal, para camat, lurah.

Hadir pula mantan Walikota Palangka Raya, Nahson Taway dan beberapa tokoh masyarakat serta tokoh adat. Upacara HUT RI ini berlangsung hikmad meski diguyur hujan rintik.

Para peserta upacara yang terdiri dari TNI/Polri, aparatur sipil negara (ASN) dan para anak didik ini tetap tegar mengikuti jalannya upacara.

Mereka tetap semangat mengikuti upacara di tengah hujan terus mengguyur wilayah Kota Cantik Palangka Raya. Sementara itu tempat duduk para pejabat yang sebelumnya di dekat lapangan digeser dekat gedung balai kota agar terhindar dari guyuran hujan.

Dalam amanatnya Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran yang dibacakan Walikota Palangka Raya, Riban Satia mengatakan melalui peringatan ini mengajak masyarakat Bumi Tambun Bungai untuk melakukan refleksi terhadap perjalanan bangsa Indonesia yang telah merdeka selama 72 tahun.

Dimana dengan kurun 72 tahun ini banyak kemajuan yang sudah dilakukan bangsa Indonesia dalam segala aspek berbangsa dan bernegara. Capaian ini menurutnya tidak lepas dari jerih payah perjuangan para pejuang yang telah gugur dalam memperjuangan kemerdekaan RI.

Walikota menjelaskan dengan diproklamirkannya kemerdekaan RI oleh Soekarno-Hatta pada 17 Agustus 1945, maka tugas generasi penerus bangsa saat ini adalah turut mempertahankan kemerdekaan dalam bentuk persatuan dan kesatuan bangsa dengan terus membangun dan mengisi kemerdekaan disemua bidang demi terwujudnya cita-cita kemerdekaan Indonesia yaitu bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

Riban mengharapkan peringatan HUT RI ke-72 ini jangan hanya dijadikan sebagai ajang seremonial saja, tapi hendaknya dijadikan sebagai momentum untuk melihat masa depan bangsa Indonesia ke arah yang lebih maju. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan