Pemko Palangka Raya Gelar Seminar Nasional di Jakarta

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya menggandeng Universitas Indonesia (UI), menggelar seminar nasional di Jakarta, yang dijadwalkan pada Selasa 18 September 2018 ini.

Dalam seminar itu diundang Gubernur Kalteng H.Sugianto Sabran, seluruh pimpinan perguruan tinggi di Kota Palangka Raya, anggota DPR-RI asal Kalteng, Anggota DPD Perwakilan Kalteng, seluruh kepala dinas dan badan se Kota Palangka Raya. 

Selain itu hadir pula  pembicara Kepala Bapenas, Walikota Surabaya dan Walikota Tanggerang Selatan serta ahli tata ruang dari Universitas Padjajaran.

Walikota Palangka Raya HM Riban Satia membenarkan hal tersebut. “Seminar nasional ini adalah tindak lanjut terkait rencana tata ruang wilayah provinsi (RTRWP) maupun rencana tata ruang kota (RTRWK),” ungkapnya, Senin (17/9/2018)..

Dikatakan, seminar itu juga bertujuan untuk memperkuat posisi tawar Kota Palangka Raya ke pemerintah pusat, sebagai calon ibu kota pemerintahan RI.

“Optimalisasi penataan ruang Kota Palangka Raya, yang berorientasi dari pendahulu “Bung Karno”menjadi isu strategis disaat wacana pemindahan ibukota pemerintahan bergulir,” jelas Riban

Menurutnya, wacana pemindahan pemerintahan ibukota ke Palangka Raya, tentu tidak mudah begitu saja. Akan tetapi harus melalui kajian serta pola pikir jauh. Yakni bagaimana  untuk 100 tahun akan datang.

Ibarat kata, bila jadi Kota Palangka Raya sebagai pusat ibukota pemerintahan, maka kemajuan apapun harus ditafsir bisa mengakomodir kepentingan generasi untuk 100 tahun kedepan. 

“Dengan catatan, kondisinya tidak sama dengan kondisi Ibukota Jakarta saat ini yang penuh dengan kepadatan,” tutup Riban. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan