Pemko Palangka Raya Gelar Bimtek Persiapan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah

 

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sekretariat Daerah Kota Palangka Raya melalui Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) mengadakan Bimbingan teknis (Bimtek) di Ruang Peteng Karuhei II Kantor Wali Kota Palangka Raya, Selasa (24/1/2023).

Kegiatan Bimtek ini merupakan salah satu upaya untuk mencapai tujuan Pengadaan Barang/Jasa melalui peningkatan kualitas perencanaan pengadaan barang/jasa. Termasuk di dalamnya peningkatan kompetensi bagi Pengguna Anggaran, Kuasa Pengguna Anggaran, Pejabat Pembuat Komitmen, Kelompok Kerja Pemilihan dan Pejabat Pengadaan khususnya dalam mempersiapkan dokumen pemilihan serta kewajiban perhitungan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) baik untuk paket pekerjaan pengadaan langsung maupun paket tender atau seleksi.

Wali Kota Palangka Raya dalam sambutannya yang disampaikan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Amandus Frenaldy mengharapkan agar pelatihan seperti ini diperbanyak dan terus diagendakan oleh perangkat daerah terkait untuk memenuhi kebutuhan ketersediaan pejabat pengadaan barang/asa karena sangat penting sekali.

Ada beberapa faktor yang menjadi kendala dalam pelaksanaan pengadaan barang/jasa di pemerintahan. Pertama, terbatasnya pengetahuan pejabat membuat komitmen tentang proses pengadaan barang/jasa khususnya perencanaan dan persiapan pemilihan. Kedua, kesalahan dalam proses perencanaan barang dan jasa khususnya dalam menentukan jadwal pesanan barang/jasa belum memperhatikan waktu pemanfaatan barang dan jasa. Ketiga, pejabat pengadaan belum memahami harga perkiraan sendiri.

“Oleh karena ittu melalui pelaksanaan kegiatan ini saya berharap seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan seksama dan dapat menambah pengetahuan peserta sehingga proses pengadaan barang/jasa di lingkungan Pemerintah Kota Palangka Raya dapat selesai tepat waktu sesuai dengan indikator kinerja utama pengadaan barang/jasa yang telah ditetapkan,” papar Amandus.

Dalam kegiatan Bimtek ini menghadirkan narasumber Agus Arif Rakhman sebagai Pengelola Pengadaan Barang dan Jasa Ahli Madya pada Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) RI dan Probity Advisor Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah LKPP RI.(MC Kota Palangka Raya /BambangW/ndk)

0 tanggapan

Beri Komentar

Ingin memberikan tanggapan?
Jangan Sungkan!

Tinggalkan Balasan