Pemko Palangka Raya Gelar Bimtek Perhitungan TKDN Dalam Pengadaan Barang Dan Jasa

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Bertempat di Ballroom Aquarius Boutique Hotel Palangka Raya, Senin (9/10/2023), Pemerintah Kota Palangka Raya menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Perhitungan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dalam Pengadaan Barang dan Jasa lingkup Pemko setempat.

Kegiatan Bimtek ini dibuka secara resmi oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu.

Dalam sambutannya Hera mengatakan bahwa sesuai Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022, mewajiibkan proses pemilihan pengadaan barang/jasa pemerintah menggunakan produk dalam negeri.

“Dalam proses perencanaan pengadaan barang/jasa pemerintah wajib mencantumkan target nilai TKDN. Oleh sebab itu, sebagai imlementasi Inpres No.2/2022 serta meningkatkan pengetahuan terkait penerapan TKDN maka Pemko menggelar Bimtek ini,” kata Hera.

Lebih lanjut, Hera berharap melalui Bimtek tersebut proses pengadaan barang/jasa di lingkungan Pemko Palangka Raya dapat berjalan dan terlaksana sesuai ketentuan yang berlaku.

Untuk itu, ia meminta agar para peserta dapat mengikuti kegiatan Bimtek tersebut dengan seksama sehingga dapat menambah pengetahuan peserta tentang tata cara perhitungan Tingkat Komponen Dalam Negeri.

Selain itu, ia juga berharap agar segala bentuk informasi dan pengetahuan yang sudah diberikan dapat diimplementasikan oleh seluruh perangkat daerah lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya.

Sementara itu, Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Kota Palangka Raya, Mardian Ardi dalam laporannya menyebutkan selain untuk memberikan pengetahuan tentang tata cara perhitungan TKDN, juga sebagai upaya Pemko Palangka Raya dalam menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari pada 9-10 Oktober 2023, dengan menghadirkan Narasumber Ketua Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia dari Provinsi Jawa Timur, Mustofa. Bimtek diikuti 65 peserta dari seluruh perangkat daerah Pemko setempat. (MC. Kota Palangka Raya/Nitra/ndk)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *