PEMKO PALANGKA RAYA BERSAMA FORKOPIMDA SIDAK KE PASAR BESAR

DPKUKMP – palangkaraya.go.id. – Pj. Walikota Palangka Raya Dr. Hera Nugrahayu, M.Si beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional Kalteng, Inspektur Kota Palangka Raya, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palangka Raya, Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan Perindustrian Kota Palangka Raya, Dinas Komunikasi, informasi, Statistik dan Persandian Kota Palangka Raya, Bagian Ekonomi dan Sumber Daya Setda Kota Palangka Raya, Satuan Polisi Pamong Praja Kota Palangka Raya, Lurah Pahandut dan Pengurus Pasar Besar Kota Palangka Raya serta instansi terkait lainnya melakukan kegiatan monitoring bahan pokok di Pasar Besar Kota Palangka Raya, Jumat (29/09/2023).

Rombongan Pj. Walikota Palangka Raya Hera Nugrahayu dalam kunjungan kerja melakukan kegiatan monitoring dalam rangka menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan, serta menjaga potensi inflasi dan kenaikan harga bahan pokok di Kota Palangka Raya.

Hera Nugrahayu mengatakan, Jumat, bahwa kegiatan monitoring ke pasar besar guna mengecek ketersediaan barang kebutuhan pokok dalam rangka memantau perkembangan harga di pasar rakyat.

Selain itu, kunjungan tersebut juga guna memastikan kelancaran distribusi dan harga kebutuhan pokok tetap stabil dapat dijangkau masyarakat Kota Palangka Raya.

Mudah-mudahan ketersediaan kebutuhan pokok ini bertahan hingga menjelang hari besar keagamaan Desember 2023 dan harga stabil dalam rangka menjaga inflasi akibat kenaikan harga bahan pokok,” kata Hera Nugrahayu.

Sementara itu ditempat yang sama Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan Perindustrian Kota Palangka Raya Samsul Rizal, Jum’at, mengatakan pihaknya terus melakukan giat pengawasan dan monitoring bahan pokok untuk meningkatkan pengawasan distribusi, ketersediaan dan harga bahan pokok.

Disampaikannya, tim dari internal DPKUKMP Kota Palangka Raya bersinergi dengan Tim Satgas Pangan Kota Palangka Raya dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) kota Palangka Raya.

“Kami harus memastikan distribusi lancar, tidak terjadi kelangkaan barang-barang kebutuhan masyarakat, dan harga stabil,” ujarnya.

Samsul Rizal mengatakan strategi yang dilaksanakan yakni melakukan koordinasi, konsolidasi dan komunikasi efektif dengan seluruh institusi terkait lainnya dan para pelaku usaha distribusi serta pedagang. Strategi ini memastikan ketersediaan pasokan sembako sekaligus meningkatkan pengawasan terhadap aktivitas perdagangan dalam upaya mengontrol ketersediaan stok dan kondisi harga, baik ditingkat distributor maupun ditingkat pedagang dan pasar.

“Pemantauan stok dan harga diperlukan guna untuk mencegah terjadinya upaya spekulasi dan penimbunan sembako,” imbuhnya.

(yr/DPKUKMP/09/2023)
Tim Publikasi dan Informasi DPKUKMP Kota Palangka Raya

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *