Pemkab Blitar Belajar Soal Lansia ke Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sebanyak 40 pejabat dari Pemerintah Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur melakukan kunjungan kerja ke Kota Palangka Raya, Kamis (23/11/2017) pukul 13.30 WIB.
 
Rombongan Pemkab Blitar yang dipimpin Wakil Bupati Blitar, Marhaenis ini langsung diterima oleh Wakil Walikota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio dan beberapa kepala dinas.
 
Rombongan diterima di Ruang Peteng Karuhei II. Tujuan kedatangan Pemkab Blitar ke Kota Cantik Palangka Raya ini dalam rangka belajar cara penanganan para lanjut usia (Lansia).
 
Dipilihnya Palangka Raya sebagai tujuan studi banding karena telah memiliki Komisi Daerah (Komda) Lansia, sehingga nantinya bisa diadopsi oleh Komda Blitar guna menambah kegiatan yang lebih positif lagi.
 
Dalam penjelasannya Mofit Saptono Subagio mengatakan jumlah Lansia usia 60-64 tahun di Palangka Raya berdasarkan data 2016 untuk laki-laki 2,991 jiwa dan perempuan 2.372 jiwa.
 
Kemudian usia 65 tahun ke atas untuk laki-laki 3.332 jiwa dan perempuan 3.006 jiwa. Seperti di Blitar, di Palangka Raya juga sudah memiliki Komda Lansia.
 
Dijelaskan Mofit, adapun tugas Komda Lansia Palangka Raya yakni sering melaksanakan kegiatan senam. Sedangkan untuk menunjang kegiatan Komda Lansia telah dibantu dana hibah dari Pemerintah Kota Palangka Raya.
 
Dana hibah itu digunakan untuk membuat taman lansia di Jalan Rinjani, Kelurahan Palangka, Kecamatan Jekan Raya. “Dipilihnya di Jalan Rinjani, karena di situ banyak pensiunannya,” jelasnya.
 
Selain mengharapkan dana hibah dari pemerintah daerah, sumber pendanaan kegiatan Komda Lansia Palangka Raya juga bisa didapat dari donator yang tidak mengikat.
 
Sedangkan kepengurusan Komda Lansia Palangka Raya juga melibatkan dari semua lintas satuan oragnisasi perangkat daerah (SOPD) seperti dinas sosial, dinas kesehatan, PUPR, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan PPAKB serta SOPD lainnya. (MC Isenmulang/engga)
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan