Pemerintah Kota Palangka Raya pada tanggal 16 September 2022 melaksanakan kegiatan World Cleanup Daya (WCD) Tahun 2022 d…

Pemerintah Kota Palangka Raya pada tanggal 16 September 2022 melaksanakan kegiatan World Cleanup Daya (WCD) Tahun 2022 dengan tema “Kami 13 juta Menuju Indonesia Bersih dan Bebas Sampah”. Tema ini diangkat sebagai wujud semangat persatuan menuju Indonesia Bersih melalui jaringan leaders, partners, dan seluruh masyarakat dalam kampanye #kami13juta. Diharapkan sebanyak 13 juta relawan atau lima persen dari populasi masyarakat Indonesia dapat turut serta pada aksi tahun ini dan menjadi salah satu bagian dari sejarah aksi gotong royong pungut sampah terbesar di dunia
Dalam kegiatan WCD kali ini dihadiri oleh sekitar 300 orang peserta yang berasal dari perwakilan seluruh OPD Pemerintah Kota Palangka Raya, Camat dan Lurah se Kota Palangka Raya, Instansi Vertikal, BUMN, Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, pelaku usaha, komunitas lingkungan serta masyarakat sekitar. Kegiatan ini dipusatkan di sekitar Pelabuhan Rambang Kelurahan Pahandut. Dipilihnya Pelabuhan Rambang karena pelabuhan ini merupakan salah satu lokasi wisata atau icon dari Kota Cantik.
Dalam laporannya Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan dalam aksi WCD ini antara lain aksi pungut sampah, pemilahan sampah dan penimbangan sampah. Aksi pungut sampah ini dimulai dari terminal taksi kota (samping Puskesmas Pahandut) dan finish nya di Pelabuhan Rambang. Dari hasil penimbangan dihasilkan data bahwa sampah yang dihasilkan dalam aksi ini kurang lebih 1 ton. sampah ini terdiri dari sampah organic berupa rumput, daun dan ranting pohon sedangkan sampah anorganiknya berupa botol plastic, plastic kemasan, kantong kresek, botol kaca, dan juga kaleng.
Sampah-sampah tersebut kemudian dipilah dan barang dilakukan penimbangan. Pada kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya juga melakukan simbolis penimbangan sampah pilah yang nantinya akan dijual ke Bank Sampah Induk yang berada di Kawasan Mendawai. Dan beliau berharap selain dapat mengurangi sampah juga akan mendorong aksi-aksi berkelanjutan dan pembersihan pada jalan-jalan, sungai, pantai, fasilitas umum dan fasilitas sosial untuk menuju Kota Palangka Raya yang Bersih dan Bebas Sampah.
0 tanggapan

Beri Komentar

Ingin memberikan tanggapan?
Jangan Sungkan!

Tinggalkan Balasan