Pemerintah Kota Palangka Raya Dapat Opini WTP dari BPK

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kerja keras jajaran satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) Kota Palangka Raya akhirnya membuahkan hasil membanggakan.

Setelah berjuang bertahun-tahun akhirnya Pemerintah Kota Palangka Raya bisa mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Piagam WTP itu diserahkan Kepala BPK Perwakilan Kalteng, Raden Cornell Syarief kepada Walikota Palangka Raya HM Riban Satia saat penyerahan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD), Senin (29/5/2017) pukul 14.00 WIB.

Ikut hadir dalam penyerahan LKPD tahun anggaran 2016 ini Wakil Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Ida Ayu Nia Anggraini, Inspektur Alman Pakpahan, Kepala Badan Pengelola Keuangan Fordiansyah, Asisten I Sulaksmi, dan pejabat lainnya.

Diraihnya opini WTP ini tidak lepas dari komitmen Pemko Palangka Raya yang telah mematuhi standar pelaporan penggunaan anggaran. Meliputi kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap perundangan, dan efektifitas sistem pengendalian intern.

Selain itu LKPD disusun berdasarkan standar akuntansi pemerintah berbasis akrual yang menyajikan laporan realisasi anggaran, laporan perubahan saldo anggaran lebih, necara, laporan operasional, laporan arus kas, dan laporan perubahan ekuitas serta catatan atas laporan keuangan.

Meski dapat opini WTP, tapi Pemerintah Kota Palangka Raya tidak boleh berpuas dulu, karena masih ada beberapa rekomendasi BPK yang harus ditindaklanjuti hingga 60 hari ke depan.

Salah satunya penerimaan dan pengeluaran kas tidak disajikan dalam laporan keuangan RSUD Kota Palangka Raya serta nilai piutang PBB-P2 pada badan pengelola pajak dan retribusi daerah Kota Palangka Raya yang belum tuntas divalidasi.

Dalam sambutannya Raden Cornell Syarief mengatakan diraihnya opini WTP ini bukan pemberian dari auditor atau BPK, tapi merupakan kerja keras dari jajaran Pemerintah Kota Palangka Raya.

Sementara itu walikota mengaku bangga dan senang karena diakhir masa jabatannya di tahun ke-9 ini Pemerintah Kota Palangka Raya dapat kado istimewa berupa opin WTP. Dia berharap opini WTP ini bisa dipertahankan untuk tahun berikutnya. (MC. Isen Mulang/ engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan