Pemerintah Kota Palangka Raya Bersama TNI dan Polri Siaga Banjir

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Saat ini bencana banjir terjadi dibeberapa daerah di Provinsi Kalimantan Tengah. Di Palangka Raya, bencana alam ini masih nihil. Namun demi kesiapan dalam mengantisipasi bencana banjir, maka pemerintah Kota Palangka Raya bersama Polri dan TNI menggelar apel pasukan dan peralatan dalam rangka kesiapan menanggulangi bencana banjir dan tanah longsor. Apel kesiapsiagaan ini digelar di halaman Polres Palangka Raya, Jumat (21/7/2017) pagi. 

Selain dihadiri Wakil Walikota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio juga ada Kapolres Palangka Raya AKBP Lili Warli.
“Saat kita bicara ada atau tidaknya bencana, kita harus selalu siap. BPBD sebagai leading sektor, juga dibackup dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan dan Dinas Sosial serta Satpol PP. Tidak lepas peran serta aktif dari Polri dan TNI serta pemerintah kota. Ini yang menguatkan kita semua dalam menghadapi apabila terjadi bencana,” kata Mofit.

Mofit menuturkan, dari sisi barat, daerah rawan banjir yang perlu diantisipasi yakni Kelurahan Marang, Tangkiling dan Sei Gohong. Sedangkan sisi timur Kelurahan Pahandut, Tumbang Rungan, Langkai dan Palangka.
“Namun jangan itu diterjemahkan dalam peta kelurahan  sebab hanya terjadi pada warga yang bermukim di pinggiran sungai. Saya selalu menolak menyebut banjir, tapi itu luapan air sungai,” jelasnya.

Sementara itu Kapolres Palangka Raya AKBP Lili Warli telah mensiagakan  200 personel. Jumlah ini bisa bertambah jika sewaktu-waktu dibutuhkan.
Kapolres menuturkan, bencana alam memang tidak bisa dicegah. Namun berupaya untuk meminimalisasi dampak dari bencana itu. Pihaknya bersama pemerintah dan TNI siap menghadapi potensi bencana alam.

“Tujuan digelarnya apel ini membangun sinergitas serta konsolidasi satuan penanggulangan bencana dan diharapkan ada tindaklanjut yang terkoordinir dalam pelaksanaan tugas di lapangan,” ungkapnya. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan