Pemeriksaan Kesehatan Gratis di hari Kesehatan Nasional

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Ribuan masyarakat Kota Palangka Raya berduyun-duyun mendatangi Bundaran Besar untuk mengikuti kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis yang diadakan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, Minggu (12/11/2017) pukul 06.00 WIB.
 
Kegiatan pengobatan gratis ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-53. Kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh masyarakat biasa, namun juga dari berbagai profesi, termasuk puluhan pejabat pemerintah.
 
Warga sangat antusias mengikuti kegiatan ini karena pihak panitia juga menyediakan puluhan hadiah. Kegiatan peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-53 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Kota Palangka Raya tahun ini cukup meriah.
 
Sebab selain diadakan pemeriksaan kesehatan gratis juga diadakan kegiatan donor darah, dan bazar sayur serta buah. Secara simbolis acara peringatan ini dibuka oleh Asisten Setda Provinsi Kalimantan Tengah, Hardi Rampay.
 
Acara peringatan Hari Kesehatan Nasional ini juga dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah dr Suprastija Budi, Direktur RSUD Doris Sylvanus Rian Tangkudung, Wakil Walikota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya dr Anjdar Hari Purnomo.
 
Adapun tema Hari Kesehatan Nasional tahun ini adalah ‘Sehat Keluargaku dan Sehat Indonesiaku’. Tema ini menurut Hardi Rampai sejalan dengan program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga. Di mana keluarga menjadi awal untuk mendorong masyarakat yang mandiri hidup sehat.
 
“Kita tahu komponen penting penjagaan penyakit selain dipengaruhi lingkungan, sarana dan prasana kesehatan juga karena prilaku keluarga. Di mana keluarga memiliki dampak besar dalam perilaku individu,” kata Hardi Rampay membacakan sambutan gubernur.
 
Hardi menjelaskan keluarga merupakan pengalaman pertama bagi anak di lingkungan keluarga dapat menajamin kehidupan emosial anak untuk tumbuh dan berkembang. Untuk itu perlu membudayakan prilaku hidup bersih dan sehat.
 
Program ini yang didorong adalah gerakan hidup sehat (Germas). Dengan germas ini pihaknya mengajak lintas program dan lintas sektor untuk mewujudkan masyarakat berperilaku hidup sehat yang pada akhirnya membentuk bangsa yang kuat. (MC. Isenmulang/engga)
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan