Pemda Diminta Siapkan Minimal Tiga Obyek Wisata

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalteng, Guntur Talajan menyebutkan, jika pihaknya telah menginstruksikan pemerintah kabupaten dan kota untuk menyiapkan minimal tiga tempat wisata di daerahnya.

Hal itu dilakukan guna mengantisipasi tingginya minat pengunjung ke tempat wisata saat libur panjang lebaran Idulfitri 1440 Hijriyah.

“Pemerintah daerah (Pemda) kabupaten/kota, masing-masing bisa mempersiapkan minimal tiga tempat atau obyek wisata sebagai alternatif pilihan untuk wisata lebaran, ” ungkap Guntur, Minggu (2/6/2019).

Guntur menyebutkan, jika berkaca dari libur lebaran tahun sebelumnya, maka lokasi wisata yang paling diminati wisatawan antara lain obyek wisata yang ada di Palangka Raya. Seperti Sei Gohong dan Taman Nasional Sebangau termasuk di dalamnya wisata Air Hitam.

Selain itu ada pula beberapa lokasi wisata di kabupaten lainnya. Seperti Taman Nasional Tanjung Puting di Kobar, Pantai Ujung Pandaran di Sampit dan wisata alam Air Terjun Batu Mahasur di Gunung Mas.

Secara umum Guntur menyebutkan, jika peningkatan kunjungan wisatawan ini tidak hanya terfokus di satu daerah saja, mengingat kabupaten dan kota di provinsi ini memiliki daya tarik wisata masing-masing.

“Ada keunggulan dan potensi wisata masing-masing. Mulai dari wisata alam, budaya, hingga kuliner,” ujarnya.

Perlu diingat imbuh Guntur, wisata budaya biasanya disukai wisatawan dari luar, meski tidak sedikit juga wisatawan lokal yang suka wisata alam.

“Wisata budaya, ini juga harus disiapkan pemerintah dan mitra di bidang kepariwisataan,” cetusnya.

Selebihnya Guntur berharap para pelaku usaha dan pemerintah, diingatkan memberi pelayanan yang professional, sehingga bisa memberikan kesan tersendiri dan memuaskan bagi kalangan wisatawan saat berkunjung. (MC. Isen Mulang.1)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan