Pembentukan Forum Pembauran Kebangsaan Kecamatan Pahandut dan Jekan Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik 
(Kesbangpol) Kota Palangka Raya bersama pengurus Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kota Palangka Raya mengadakan acara sosialisasi di aula kantor Kecamatan Pahandut, Jumat (24/11/2017).

Acara sosialisasi yang dipimpin Sekretaris Kesbangpol Kota Palangka Raya, Mahlani dan Ketua FPK Kota Palangka Raya Andrie Elia Embang ini diikuti oleh para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, paguyuban dan TNI/Polri.

Momen sosialisasi ini juga dimanfaatkan Kesbangpol Kota Palangka Raya dan FPK Kota Palangka Raya untuk membentuk FPK Kecamatan Pahandut dan Jekan Raya. Dipilihnya dua kecamatan ini karena wilayahnya sangat dekat dengan kota.

Selain itu jumlahnya penduduknya cukup banyak, sedangkan untuk tiga kecamatan lainnya seperti Bukit Batu, Sabangau, dan Rakumpit akan dibentuk di hari kemudian. Dibentuknya FPK kecamatan ini diharapkan bisa membantu pemerintah dalam pembangunan kemasyarakatan.

Sebab menurut Mahlani dalam pelaksanaan pembangunan berkesinambungan pemerintah punya kewajiban melindungi masyarakat, menjaga persatuan, kesatuan, kerukunan nasional, dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Karena itu dalam penyelenggaraan pemerintah diperlukan dukungan dan tanggung jawab masyarakat. Dikatakan, selama ini pemerintah kota terus menghimpun dengan membangun strategi berupa dukungan dari masyarakat, seperti pembentukan Komunitas Intelejen Daerah (KOMINDA), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), dan FPK.

Mahlani menjelaskan dibentuknya FPK merujuk Surat Keputusan Kemendagri Nomor 34 Tahun 2016 dan Surat Keputusan Wali Kota Palangka Raya. Sementara itu Andrie Elia Embang mengharapkan melalui sosialisasi bisa memberikan semangat kebersamaan masyarakat untuk komitmen saling menghargai dan menghormati perbedaan kultur dan pendapat, termasuk komitmen untuk melakukan perbaikan dan peduli akan permasalahan sosial di tengah masyarakat. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan