Pembangunan Pasar Kalampangan Ditarget Harus Tuntas Akhir 2017

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Walikota Palangka Raya Riban Satia bersama Wakil Walikota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio dan beberapa kepala satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) meninjau pembangunan Pasar Kalampangan, Sabtu (18/11/2017).

Peninjauan ini dilakukan walikota seusai berolahraga sepeda santai bersama kepala SOPD. Di sini walikota melihat progress pekerjaan proyek Pasar Kalampangan. Proyek revitalisasi pasar dari dana APBN yang merupakan program 1.000 pembangunan pasar dari Presiden Joko Widodo.

Dalam peninjauan ini walikota juga didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Palangka Raya Aratuni Djaban, Lurah Kalampangan, konsultan perencana, dan kontraktor pembangunan Pasar Kalampangan.

Diketahui saat ini progress pekerjaan masih sekitar 50 persen. Saat ini masih tahap pendirian tiang besi dan ditargetkan selesai dalam sehari. Setelah itu baru pemasangan batako. Proyek senilai Rp5 miliar lebih ini ditargetkan harus selesai sebelum akhir Desember 2017.

Aratuni menarget setiap hari harus ada kemajuan 2 persen, sehingga saat akhir Desember 2017 sudah selesai. Jika tidak, maka pihak kontraktor akan kena pinalty dan tidak bisa dibayarkan, karena dana akan ditarik oleh pemerintah pusat.

Karena itu Aratuni mengharapkan kepada kontraktor asal Kabupaten Kapuas ini agar menggenjot pengerjaannya. Caranya bisa menambah tenaga kerja, sehingga pekerjaan bisa dilakukan dengan shift siang dan shift malam dengan pekerja yang berbeda.

Dengan begitu Aratuni yakin pekerjaan pembangunan Pasar Kalampangan ini bisa diselesaikan tepat waktu, mengingat keberadaanya sangat dibutuhkan warga untuk berjualan. Apalagi pasca dibongkarnya bangunan Pasar Kalampangan yang lama, sehingga para pedagang harus menggunakan lapak darurat.

Tahun ini Palangka Raya dapat jatah dua proyek revitalisasi pasar. Yakni Pasar Kalampangan dan Pasar Tangkiling. Kedua pasar ini masih tahap pengerjaan. Aratuni pun mengaku optimis jika pembangunan dua pasar ini akan selesai tepat waktu. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan