Pembangunan Jalan Kelurahan di Palangka Raya Sebagian Sudah Tuntas

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pembangunan infrastruktur jalan yang menghubungkan kelurahan dengan kelurahan ditarget tuntas diakhir masa kemimpinan Walikota Palangka Raya Riban Satia dan Wakil Walikota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio pada 2018.

Saat ini menurut walikota pengaspalan jalan dibeberapa kelurahan sudah ada yang tuntas. Di antaranya pengaspalan jalan di Kelurahan Tumbang Rungan sudah tuntas sampai ke pinggir sungai, namun di sini belum ada jembatannya.

Begitu pula di Kelurahan Petuk Katimpun. Selama tiga tahun berturut-turut jalan di Petuk Katimpun diaspal dan tahun ini pengaspalannya sudah tuntas sampai pinggir Sungai Rungan.

Bedanya di Katimpun sudah ada jembatan, sehingga memudahkan warga untuk beraktivitas. Misalnya bersantai sambil menikmati pemandangan alam dan bisa juga untuk memancing ikan.

Kemudian walikota juga menyebut pembangunan jalan di Kelurahan Marang dari Jalan Tjilik Riwut Km 22 sudah diaspal hot mix sampai pinggir Sungai Kahayan, tetapi di sini belum ada jembatan sungai yang belum terhubung.

“Naik lagi ke Kelurahan Petuk Bukit pengaspalan jalan juga sudah hox mik dan 2018 akan kita lanjutkan lagi. Di sini merupakan kelurahan pintu keluar dan masuk ke kota, sehingga pembangunan infrastrukturnya harus diprioritaskan,” ucapnya.

Sebagai walikota dua periode, Riban bertekad akan mempercantik wajah Kota Palangka Raya. Caranya, semua kelurahan yang berada di wilayah perbatasan dengan kabupaten lain diprioritaskan akan dibangun.

Khusus pintu masuk dari wilayah Sampit yakni wilayah Kelurahan Tangkiling, Kecamatan Bukit Batu sejumlah fasilitas publik diperbaiki. Tahun ini Pasar Tangkiling direhab total yang dananya dari pemerintah pusat.

Begitu pula pintu masuk dari Kabupaten Pulang Pisau yakni Kelurahan Kalampangan, Kecamatan Sabangau. Di sini Pasar Kalampangan juga direhab total yang dananya juga dari pemerintah pusat.

Di Kelurahan Kalampangan juga sedang dibangun Rumah Sakit Tipe D Kota Palangka Raya dengan konsep bertingkat dan ditagetkan menjadi rumah sakit tipe D terlengkap di Provinsi Kalimantan Tengah. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan