Pembagian Santunan Kepada Anak Yatim Piatu

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Walikota Palangka Raya, HM Riban Satia dan Wakilnya Mofit Saptono Subagio menghadiri acara buka puasa bersama keluarga besar DPRD, Jumat (9/6/2017).

Hadir pula Kepala Kantor Kementerian Agama Palangka Raya, Baihaqi, waka polres, Dandim, ketua KPU beserta tiga komisionernya dan beberapa kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

Semua anggota dewan yang non muslim pun juga hadir. Seperti tahun lalu, acara buka puasa bersama ini juga mengundang anak yatim piatu dari berbagai yayasan.

Dalam sambutannya walikota berpesan kepada umat Islam yang sedang melaksanakan ibadah puasa agar memperbanyak amalan selama Ramadan ini sehingga pahala yang akan didapat berlipat ganda.

“Mudah-mudahan amal ibadah puasa yang kita jalankan mendapat pahala yang besar sesuai janji Allah yang akan menempatkan umatnya di surga bagi yang beriman dan bertaqwa,” tutur walikota.

Sementara itu dalam tausiahnya Ustad Normuslim Zarkasih, M.Ag mengatakan makna puasa bagi umat Islam itu ada tiga. Yakni melatih orang untuk bersikap jujur, disiplin, dan amanah.

Khusus bagi pejabat, kata Ustad Normuslim tiga makna puasa itu merupakan bentuk tanggung jawab kepada masyarakat, karena jabatan yang telah dipercayakan kelak akan dipertanggungjawabkan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Dalam ceramahnya Ustad Normuslim juga menceritakan sejarah adanya puasa. Di antaranya diceritakan Nabi Muhammad SAW sebagai pembawa syariat Islam hanya sempat menjalani sembilan kali puasa Ramadan sepanjang hidupnya.

Sebab perintah menjalankan ibadah puasa itu beberapa tahun kemudian setelah Nabi Muhammad menerima wahyu sebagai pembawa syariat Islam.

Sedangkan umat Islam setelah Nabi Muhammad bisa menjalani puasa berpuluh-puluh kali. Tentunya dengan makin banyaknya kesempatan menjalani ibadah puasa ini bisa dimanfaatkan untuk memperbanyak amal ibadah kepada Allah SWT.

Sementara itu seusai salat magrib berjamaah dan dilanjutkan makan bersama, acara selanjutnya dilanjutkan dengan pembagian santunan kepada anak yatim piatu yang diberikan secara simbolis oleh Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit Karyawan Yunianto. (MC. Isen Mulang/Engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan