Pelatihan Produk Olahan Buah Naga Untuk Kembangkan Potensi Kelurahan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Tim pelaksana Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa Lembaga Dakwah Jamaah Shalahuddin Universitas Palangka Raya (PPK Ormawa LDK-JS UPR) mengadakan kegiatan Pelatihan Pengolahan Permen Buah Naga dan Teh Herbal Kulit Buah Naga dengan konsep Kelurahan Wirausaha di Kelurahan Kalampangan, Kecamatan Sabangau, Kota Palangka Raya, Selasa (3/10/2023).

Pelatihan yang berlangsung di Aula Kelurahan Kalampangan ini dihadiri oleh Lurah Kalampangan, Kelompok Usaha Binoga Kalampangan, Dosen Pembimbing dan Pengurus LDK-JS UPR.

Lurah Kalampangan, Yunita Martina mengatakan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan Tim PPK Ormawa LDK-JS UPR dapat menggali dan mengembangkan potensi kelurahan serta mengangkat perekonomian warga melalui berbagai olahan produk buah Naga yang akan dihasilkan.

“Program pelatihan usaha yang dilaksanakan selama kegiatan PPK Ormawa LDK-JS UPR di antaranya pembuatan produk keripik buah Naga, permen buah Naga, dan teh herbal kulit buah Naga,” ucapnya.

Dirinya menuturkan sasaran program ini adalah ibu-ibu dari kelompok usaha tani yang ada di kelurahan Kalampangan. Melalui kelompok tani tersebut terjalin mitra dengan tim pelaksana PPK Ormawa LDK-JS UPR dalam pelaksanaan pengembangan pengolahan buah Naga.

Dengan terselenggaranya kegiatan pemberdayaan masyarakat yang telah dilaksanakan, Yunita berharap dapat memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat, terutama ibu-ibu kelompok usaha tani yang berada di kelurahan Kalampangan.

“Dan kegiatan ini hendaknya dapat meningkatkan soft skill ibu-ibu kelompok tani khususnya mahasiswa yang memberikan pelatihan di kegiatan tersebut. Hal ini sesuai harapan pemerintah dalam membentuk mahasiswa menjadi SDM yang unggul serta mendukung program yang tengah digalakkan saat ini,” tambahnya.

Program PPK Ormawa LDK JS UPR juga berhasil mengintegrasikan pengetahuan, kewirausahaan, dan pengenalan produk lokal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kelurahan Kalampangan. (MC Kota Palangka Raya/Gusti/ndk)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *