Pelatihan Berbahan Dasar Getah Nyatu Sebagai Upaya Kendalikan Inflasi

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Dinas Perdagangan, Koperasi UKM dan Perindustrian (DPKUKMP) Kota Palangka Raya menggelar pelatihan berbahan dasar Getah Nyatu dalam rangka pengendalian inflasi di Aula Putera Kahayan Jalan Temanggung Tilung I Kota Palangka Raya, Selasa (22/11/2022).

Plt Kepala DPKUKMP Kota Palangka Raya Amandus Frenaldy mewakili Walikota Palangka Raya membuka pelatihan yang diikuti oleh 30 orang pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) se Kota Palagka Raya.

Dalam sambutannya Amandus mengatakan, pasca kenaikan harga BBM beberapa waktu lalu membuat Kalimantan Tengah menjadi salah satu provinsi yang inflasinya cukup tinggi. Hal ini membuat Pemerintah Kota Palangka Raya mendorong pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) untuk dapat terus maju mengembangkan usahanya terutama mengenalkan dan menjual produk-produk lokal yang mempunyai daya saing.

“Melalui pelatihan ini Pemerintah Kota Palangka Raya mendorong pelaku IKM untuk terus mengembangkan usahanya hingga memiliki daya saing,” ucapnya.

Dikatakan Amandus, pelatihan ini juga bertujuan untuk menciptakan lapangan kerja baru bagi warga di Kota Palangka Raya. Ini merupakan salah satu cara penanganan dampak inflasi serta untuk mengenalkan budaya kearifan lokal yaitu membuat kerajinan getah nyatu.

“Bila bapak ibu telah selesai mengikuti pelatihan, tolong untuk mengajarkan ilmunya kepada saudara atau keluarga agar produk lokal kita dapat bersaing dengan daerah-daerah lain,” saran Amandus.

Dirinya juga berpesan agar masyarakat Kota Palangka Raya memanfaatkan pekarangan tanah yang kosong untuk ditanami tanaman yang cepat panen seperti tomat, cabai, terong dan jenis tanaman hortikultura lainnya. (MC Isen Mulang/Purba Andika/ndk)

 

0 tanggapan

Beri Komentar

Ingin memberikan tanggapan?
Jangan Sungkan!

Tinggalkan Balasan