Peduli Kemanusiaan, Siswa SMAN 5 Sumbangkan Darahnya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Setetes darah sangat berarti bagi kehidupan manusia. Setetes darah bermakna bagi kemanusiaan. Bertolak dari rasa peduli untuk kemanusiaan itulah, maka para siswa turut menyumbangkan darahnya.

Senin 25 Februari 2019 Tim Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Palangka Raya hadir di aula SMAN 5 Palangka Raya untuk memfasilitasi minat siswa menyumbangkan darahnya.

Tim yang terdiri atas lima petugas yakni Caesar Noprian Tony, Veronica Rossa Halim, Claudia Feredica, Pina Riyanti, dan Rolan Taulu ini dengan sabar memeriksa kesehatan dan pengambilan darah para siswa yang rela menyumbangkan darahnya.

“Syarat untuk bisa menyumbangkan darahnya adalah sehat, berat badan minimal 50 Kg, tekanan darah 120, dan siap serta berani atas keinginan sendiri secara ikhlas. Untuk para siswa yang belum dapat mendonorkan darahnya hari ini masih ada kesempatan lain waktu. Untuk yang sudah pun tetap bisa menyumbangkan darahnya kembali setelah tiga bulan,” tutur Pembina PMR, Kasih sambil mendampingi siswanya.

“Kita memfasilitasi para siswa yang mau menyumbangkan darahnya melalui PMI. Hari ini ada 29 siswa dan satu guru yang telah mendonasikan darahnya setelah dinyatakan sehat dan memenuhi syarat. Mudah-mudahan hasilnya bisa dimanfaatkan oleh siapa pun yang membutuhkan darah,” imbuhnya.

Kepala SMAN 5 Palangka Raya, Arbusin, Senin (4/3/2019) mengatakan untuk awak media center bahwa dia sangat mendukung aksi donasi darah para siswanya. “Mudahan ini kegiatan ini bisa dilakukan secara berkala misalnya tiga bulan sekali. Dengan demikian kita turut berbagi darah untuk kemanusiaan. Lewat kegiatan ini kita sekaligus menanamkan karakter peduli terhadap sesama,” tandasnya. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan