PDAM Palangka Raya Siap Sediakan Hidran Guna Cegah Kebakaran

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Dari sekian banyak pejabat yang datang meninjau ke lokasi terbakarnya SDN 1 Menteng dan SMK Isei ternyata juga hadir Kabag Keuangan PDAM Palangka Raya, Budi.

Kedatangannya ke SDN 1 Menteng ini mengantisipasi bila diminta oleh pemerintah kota untuk menyediakan hidrant di wilayah yang memiliki resiko tinggi terjadi musibah kebakaran. “Pada prinsipnya kami siap menyediakan hidrant baru, khususnya di wilayah yang ada fasilitas publiknya seperti sekolah,” kata Budi, Senin (31/7/2017).

Didampingi Abdiswa Setia Nugroho, Kabag Teknik PDAM, pihaknya menjelaskan pemasangan hidrant baru bisa dilakukan jika disuatu wilayah tertentu sudah ada jaringan pipa PDAM. Diakui saat ini sebaran hidrant masih sedikit. Di wilayah Kota Palangka Raya hanya ada 42 titik. Itu pun terfokus di tengah kota, sedangkan di pinggiran kota belum ada.

Di sisi lain Nugroho menambahkan kondisi hidrant yang ada saat ini dalam perbaikan, karena posisinya relatif rendah, sehingga menyulitkan petugas untuk menyedot air.

Jadi sudah saatnya posisi pemasangan hidrant ini harus ditinggikan, dengan demikian akan mempermudah petugas untuk memasang selang bila sewaktu-waktu ada musibah kebakaran.

Dijelaskan, tidak sedikit diganti  posisi letak hidrant yang dipasang ternyata kurang ideal, sehingga membuat petugas pemadam justru mengambil air ke dekat kantor PDAM di Jalan Ahmad Yani.

Padahal menurutnya di lokasi terdekat kebakaran ada hidrant yang kondisinya juga baik. Jadi dengan jauhnya mengambil air maka juga akan mempengaruhi lamanya proses pemadaman. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan