Pasar Wadai Ramadan Palangka Raya Resmi Dibuka

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pasar wadai Ramadan 1439 Hijriah yang berada di lima lokasi Kota Palangka Raya resmi dibuka, Kamis sore (17/5/2018). Peresmian secara simbolis mengambil lokasi di pasar wadai Ramadan “Kubah Kecubung” di muara Jalan Soekarno-Hatta Palangka Raya.

Peresmian pasar tersebut dilakukan oleh Walikota Palangka Raya HM Riban Satia didampingi istrinya Norlaina Riban Satia, serta Wakil Walikota Mofit Saptono Subagio berserta istri Trisna Widyanti, beserta sejumlah kepala SOPD dan jajaran Forkopinda lingkup Kota Palangka Raya.

“Kegiatan pasar wadai Ramadan ini sudah menjadi rutinitas dilaksanakan saban tahun oleh Pemerintah Kota Palangka Raya, selama sebulan penuh,” ungkap Riban usai membuka pasar wadai Ramadan tersebut.

Dikatakan, terus bertumbuhnya pemukiman warga kota tentu berdampak terhadap berbagai kebutuhan. Termasuk dibangunya lokasi pasar wadai Ramadan di kawasan Masjid Kubah Kecubung, tidak lain sebagai bentuk pemerataan kesinambungan kebutuhan warga masyarakat.. 

“Meski lokasi pasar wadai ini baru tahun ini, namun kawasan ini trategis, karena menjadi pintu gerbang masuk ke Kota Palangka Raya,” ucap Riban.

Walikota pun berharap, para pedagang dapat menyajikan sajian yang higienis dan sehat. Sehingga masyarakat dapat melaksanakan puasa Ramadan  dengan aman dan lancar.

“Melalui pasar Ramadan ini adalah sebagai bentuk memberikan peluang usaha insidentil selama 1 bulan kepada para pedagang,” tambahnya.

Sementara itu Aratuni D Djaban Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Palangka Raya, menyebutkan, pada Ramadan tahun ini  pemerintah kota  menyediakan lima lokasi atau tempat digelarnya pasar wadai dengan jumlah lapak secara keseluruhan mencapai 275.

Lima lokasi pasar wadai tersebut yakni, di muara kawasan Jalan Soekarno-Hatta, dikawasan pasar Kahayan, di kawasan pasar Rajawali, di Jalan RA Kartini serta di Jalan Yos Sudarso (area Masjid Salahudin).

Sejatinya tambah dia, pemerintah kota mengharapkan keberadaan pasar-pasar wadai Ramadan ini, benar-benar mampu menjadi sarana wisata kuliner, karena berbagai keunikan dari jenis makanan dan minuman dengan khas rasa, diyakini mampu mengundang daya tarik, tidak hanya masyarakat kota Palangka Raya tetapi juga wisatawan yang datang ke Kota Palangka Raya.

Sedangkan sisi lainnya, tentu keberadaan pasar wadai Ramadan akan lebih mempertebal rasa silaturahmi dan keberagaman semua elemen masyarakat.

“Melalui pasar Ramadan ini, diharapkan sisi pendapatan ekonomi masyarakat juga meningkat,”harapnya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan