Pasar Kalampangan dan Tangkiling Siap Difungsikan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kepala Dinas Perinustrian dan Perdagangan Kota Palangka Raya, Aratuni Djaban mengatakan Pasar Kalampangan dan Tangkiling akan segera difungsikan, karena proses pembangunannya sudah selesai.

Dua pasar tradisional itu dibangun menggunakan dana APBN dari Kementerian Perdagangan dan rencananya secara nasional akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, karena proyek revitalisasi pasar tersebut merupakan program dari presiden.

“Namun kami belum dapat informasi pasar mana di Indoensia yang akan diresmikan secara simbolis oleh presiden,” ungkap Aratuni, Senin (5/3/2018). Aratuni menjelaskan saat ini status kedua pasar tersebut sudah siap digunakan untuk para pedagang.

Disebutkan, total blok dan lapak dari kedua pasar tersebut sekitar 146 buah dengan luas 2×3 meter untuk blok. Nantinya setelah blok atau lapak tersebut ditempati pedagang, maka tidak boleh dirubah maupun direnovasi.

Dia menegaskan penggunaan blok pasar yang sudah dibangun itu diprioritaskan bagi pedagang yang lama, namun bila masih banyak sisa blok maka bisa diberikan kepada masyarakat sekitar yang ingin berjualan.

Pihaknya berharap dengan telah direvitalisasinya dua pasar tradisonal tersebut mampu menyokong ekonomi kerakyaratan di Kota Palangka Raya lebih menggeliat lagi. Dengan demikian perekonomian pedagang dan masyarakat juga meningkat. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan