Partisipasi Lintas Sektor dan Masyarakat Sukseskan TMMD Imbangan

MEDIA CENTER, Palangka Raya –  Kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Imbangan ke 102 tahun 2018 di Kelurahan Sei Gohong Kecamatan Bukit Batu Palangka Raya, resmi dibuka oleh Walikota Palangka Raya HM Riban Satia, Selasa (10/7/2018), di Kelurahan Sei Gohong Kecamatan Bukit Batu Palangka Raya.

Menurut Dandim 1016/Palangka Raya Letkol Czi Chandra Adibrata, suksesi TMMD Imbangan tahun 2018 tentu tidak lepas dari partisipasi banyak pihak, yakni selain masyarakat sebagai komponen terpenting. Disisi lain, sinergitas diperlukan pula  melalui lintas sektoral dalam hal ini instansi terkait.

“Sudah pasti ratusan personil TNI dikerahkan dalam TMMD yang nantinya dapat bersinergi dengan masyarakat dan instansi terkait lainnya,” tutur Chandra, usai pembukaan TMMD.

Dalam TMMD Imbangan 2018 ini lanjut Chandra, akan dikerahkan sebanyak 150 orang personil TNI yang terdiri dari personil dari Kodim 1016/Palangka Raya, Yonif Raider 631 Antang.

Kegiatan TMMD itu kata dia, bersifat bottom up planning yang artinya melibatkan berbagai instansi dan komponen masyarakat secara bersinergi dalam melaksanakan sejumlah program pembangunan yang bersifat fisik maupun program non fisik.

“Pelaksanaan TMMD terhitung 30 hari yang berisikan kegiatan fisik dan non fisik,”tandasnya.

Untuk kegiatan fisik, lanjut Chandra akan dilakukan pembukaan badan jalan lebih dari 2.000 meter. Selain itu ada pula pembangunan jembatan. Sementara untuk non fisik, adalah berkaitan dengan pelayanan KB, kesehatan dan penyuluhan kebangsaan. 

Untuk diketahui tambah Chandra,  tahun 2017 yang lalu telah digelar TMMD Reguler di tempat yg sama.
“Bedanya, TMMD reguler langsung dibiayai pusat, sedangkan TMMD Imbangan dari dana hibah APBD Kota Palangka Raya,” pungkasnya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan