Palangka Raya Ujicoba Penangkaran Kambing Pedaging

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kota Palangka Raya terus berupaya untuk mewujudkan swasembada daging. Selain memacu kawin suntik terhadap sapi betina, kini juga sedang dilakukan ujicoba penangkaran kambing boer.

Jika ujicoba kambing pedaging ini berhasil, maka nantinya akan diternakan dengan jumlah banyak, sehingga kebutuhan daging kambing bisa tercukupi.

Kepala Bidang Kelahiran dan Produksi Ternak pada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Palangka Raya, Sugiyanto mengatakan pada ujicoba kambing pedaging ini hanya untuk 10 ekor.

Bibit kambing boer ini dibeli dari Malang, Provinsi Jawa Timur. Selanjutnya dipelihara di UPT milik dinas pertanian di Kelurahan Kalampangan.

“Dari 10 ekor yang kita beli ini satu ekor mati. Jadi tinggal 9 ekor namun dari 9 ekor ini yang 5 ekor sudah bunting,” ucap Sugiyanto, Senin (23/7/2018).

Menurut Sugiyanto, berdasarkan observasi, memelihara kambing boer di Kota Palangka Raya ini cukup bagus. Buktinya dari 10 ekor yang dipelihara tersebut 9 ekor dalam keadaan sehat, meski ada satu ekor yang mati.

Menurutnya di Kota Palangka Raya cukup banyak rumput, sehingga juga memudahkan petani untuk memelihara kambing pedaging tersebut. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan