Palangka Raya Harus Memiliki Karakter Kota Pendidikan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Walikota Palangka Raya, HM Riban Satia menyambut positif atas ide pengurus Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) yang telah menyelenggarakan focus group discussion (FGD) dengan tema ‘Pembangunan Masyarakat dan Sekolah Cerdas Menuju Smart City’.

Menurut walikota tema seminar dalam rangka Milad KAHMI ke-51 yang diselenggarakan di sela acara pelantikan pengurus KAHMI Kota Palangka Raya, Selasa (26/9/2017) ini sangat relevan dengan visi misi untuk menjadikan Palangka Raya sebagai kota pendidikan.

Riban berharap dengan tema seminar ini tidak hanya memberi semangat, tetapi harus bisa diwujudkan. Meski diakui pembangunan bidang pendidikan di Kota Cantik Palangka Raya masih tertinggal dibanding dengan daerah lain di Indonesia.

Namun dia optimis status kota pendidikan ini bisa diwujudkan, tetapi harus dapat dukungan dari semua pihak, khususnya dinas pendidikan dan tenaga pendidiknya.

Sebagai walikota dua periode, Riban mengakui karakter Palangka Raya yang disebut sebagai kota pendidikan hingga sampai saat ini masih belum terlihat.

Menurutnya indikator kota sebagai kota pendidikan tidak hanya dilihat dari megahnya gedung sekolah dan universitas, tapi sarana penunjang juga harus diperhatikan.

Sarana penunjang yang dimaksud walikota ini misalnya dibeberapa sudut kota atau jalan dipasang gapura bertuliskan kawasan pendidikan seperti yang sudah dipasang di wilayah Sanaman Mantikei.

Namun menurut walikota hal itu dianggap masih belum cukup, tetapi semua pihak harus lebih kreatif lagi. Dia mencontohkan di Kota Jogyakarya, dimana di sudut-sudut kota banyak tulisan mengenai jam belajar dimulai pukul 19.00 WIB sampai pukul 20.30 WIB.

Menurutnya apa yang dilakukan Yogyakarta sebagai kota pendidikan ini tidak mesti ditiru sama persis, namun setidaknya Palangka Raya bisa meniru sesuai kondisi daerah.

“Saya belum pernah melihat di Kota Palangka Raya. Hampir sulit kita temui di lingkungan sekolah ada tulisan ajakan yang sifatnya mendidik anak maupun masyarakat,” tegasnya. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan