Palangka Raya Dapat Jatah 50 KUBE Dari Kementerian Sosial

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Upaya pemerintah untuk mengurangi masyarakat kurang mampu melalui pemberdayaan masyarakat terus dilakukan.

Tahun ini Kementerian Sosial menganggarkan dana puluhan miliar untuk program bantuan yang akan disalurkan melalui kelompok usaha bersama (KUBE).

Khusus di Palangka Raya pada 2018 ini Kementerian Sosial memberikan jatah bantuan kepada 50 KUBE. Saat ini KUBE calon penerima bantuan masih diseleksi oleh Dinas Sosial Kota Palangka Raya.

Kepala Dinas Sosial Kota Palangka Raya, Fauliansyah mengatakan nantinya setiap KUBE akan mendapatkan bantuan Rp20 juta. Setiap KUBE beranggotakan 5-10 orang.

“Untuk bidang usaha KUBE terserah kelompok, bisa kelompok bidang pertanian, bidang peternakan, bidang perikanan, bidang jasa. Semuanya boleh,” tutur Fauliansyah, Rabu (14/3/2018).

Bantuan Rp20 juta per KUBE tersebut nantinya akan ditransfer langsung ke rekening kelompok dari Kementerian Sosial. Jadi dipastikan bantuan tunai tersebut tepat sasaran.

Sebab sebelum KUBE menerima bantuan terlebih dahulu oleh Dinas Sosial Kota Palangka Raya akan diverifikasi mengenai status sosial warga apakah mereka benar-benar kategori kurang mampu atau tidak.

Fauliansyah menambahkan jatah 50 KUBE ini akan difokuskan untuk masyarakat Kecamatan Pahandut, Kecamatan Bukit Batu, dan Kecamatan Sabangau.

“28 Maret 2018 ini proposal daftar KUBE calon penerima bantuan harus sudah diajukan ke Kementerian dan selanjutnya tim dari pusat akan datang ke Palangka Raya untuk memverifikasi,” tegasnya. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan