Orangutan Albino akan Ditempatkan di Pulau Khusus

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sejak 29 April 2017, Yayasan BOS Nyaru Menteng, Palangka Raya telah merehabilitasi seekor individu orangutan albino. Disebut albino karena bulu dan kulitnya tidak seperti orangutan lainnya.

Anakan orangutan albino ini memiliki bulu putih dan kulitnya putih. Orangutan albino ini adalah satu-satunya yang saat ini dirawat di pusat rehabilitasi BOS Nyaru Menteng, Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah.

Humas BOS Nyaru Menteng, Palangka Raya, Monterado Friedman menjelaskan sejak tiba di pusat rehabilitasi pada 29 April 2017, saat ini kondisi Alba nama orangutan albino tersebut menunjukkan perkembangan yang sangat baik. 

Di usia 5 tahun, berat badannya telah mencapai 17,4 kilo gram. Saat ini Alba telah menyelesaikan masa karantina dan tes kesehatan menyeluruh dengan hasil yang baik.

Untuk menjamin Alba hidup bebas sesuai kodratnya, maka BOS Nyaru Menteng berencana membuatkan sebuah pulau hutan sebagai rumahnya kelak dengan keamanan yang terjaga dari gangguan, terutama manusia.

Sebab meski Alba memiliki keunikan, tapi jika dilepasliarkan begitu saja ke alam liar, namun tetap memiliki potensi ancaman akibat kelangkaannya, termasuk resiko kesehatan terkait albinisme yang mencakup kurang baiknya penglihatan, pendengaran, dan komplikasi kanker kulit cukup besar.

Dengan berbagai pentimbangan itu maka BOS Nyaru Menteng berencana membuatkan pulau seluas 5 hektare yang akan ditinggali Alba bersama tiga orangutan lain yang sebelumnya pernah dikenalkan dan berinteraksi sangat baik dengan Alba.

Agar rencana membuatkan pulau hutan untuk Alba segera terealisasi, maka BOS Foundation Nyaru Menteng meluncurkan sebuah kampanye penggalangan dana kepada publik yang bisa disalurkan melalui tautan berikut: http://donation.orangutan.or.id. (MC. Isen Mulang/engga)

0 tanggapan

Beri Komentar

Ingin memberikan tanggapan?
Jangan Sungkan!

Tinggalkan Balasan