Optimis PAD Sektor Pariwisata di Palangka Raya Meningkat

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palangka Raya, Hj Norma Hikmah, mengatakan, tingkat kunjungan wisatawan di Kota Palangka Raya sampai dengan di  penghujung tahun 2018 yang lalu mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya. Terutama dilihat pada sejumlah  destinasi wisata unggulan yang ada. 

“Hal ini seiring dengan gencarnya upaya mempromosikan destinasi wisata dengan tujuan akhir mampu berkontribusi bagi  peningkatan pendapatan asli daerah (PAD),”ungkapnya, Sabtu (12/1/2019).

Menurut Norma, meski dirinya belum menerima secara persis data akhir dari peningkatan kunjungan wisatawan, namun dari pantauan anggota  terutama dari kelompok sadar wisata (pokdarwis) di lapangan, kunjungan para wisatawan ada peningkatan  signifikan.

Dikatakan, selain sejumlah destinasi wisata unggulan, maka sasaran wisata berupa  taman-taman yang dibangun oleh pemerintah kota juga menambah minat wisatawan.

“Obyek wisata seperti Taman Pasuk Kameloh juga menambah minat wisatawan yang masuk ke Kota Palangka Raya, karena banyak keunikan yang disuguhkan,”bebernya.

Kata Norma, dengan meningkatnya pengunjung wisata, maka secara langsung berimplikasi positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat terutama mereka yang berada disekitar destinasi wisata. Seperti  bagi  para pedagang kreatif lapangan (PKL) yang menawarkan kuliner maupun jasa wisata.

“Dengan meningkatnya pengunjung destinasi wisata yang dimiliki saat ini, saya yakin PAD yang dihasilkan dari sektor ini akan tercapai. Insyaallah kami akan berusaha,” tegasnya.

Ditanya terkait program 2019 mendatang, maka kata Norma pihaknya akan memfokuskan peningkatan fasilitas di objek  wisata. Seperti peningkatan kawasan wisata air hitam, sebab destinasi wisata tersebut saat ini menjadi unggulan.

“Kita akan menambah jumlah gazebo yang saat ini jumlahnya masih sedikit, bahkan sebagian sudah mulai rusak,” sebutnya. 

Selain itu tambah Norma, pada tahun 2019 ini pihaknya bersama dengan instansi terkait di lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya juga sedang mempersiapkan banyak event yang nantinya menjadi sarana promosi kepariwisataan di Palangka Raya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan