Optimalkan Pantauan Harga Pangan

MEDIA CENTER,Palangka Raya – Harga komoditas pokok di pasar tradisional Palangka Raya terus  mengalami kenaikan. Terlebih selama pelaksanaan puasa Ramadan ini, kebutuhan penting bagi masyarakat itu diperkirakan akan terus melonjak naik.

Melihat kondisi ini, kalangan wakil rakyat di DPRD Kota Palangka Raya mengingatkan Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya untuk optimal melakukan pengawasan terhadap stabilitas harga.

“Pemko melalui instansinya diharap siaga dan optimal lakukan pemantauan ketersediaan bahan pokok yag dibutuhkan masyarakat, ucap Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Sugianor, Kamis (9/5/2019).

Optimalisasi pengawasan ke lapangan lanjut dia, penting dilakukan guna mengontrol kestabilan harga bahan pokok. Terlebih harga pangan dan pasokan barang biasanya mengalami kenaikan harga, sehingga jika tidak dikontrol secara langung maka masyarakat akan kesulitan memenuhi kebutuhan pokoknya.

Terlebih pada kondisi saat ini harga komoditas kebutuhan pokok di pasaran sudah mengalami kenaikan, maka diperlukan solusi dari pemerintah guna menekan tajamnya lonjakan harga  kebutuhan tersebut.

“Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), dan  pihak  terkait lainnya harus ikut ambil bagian dalam mengintervensi pasokan barang dan harga yang dijangkau konsumen,” tukas Sugianor.

Jika semua pihak terlibat dalam hal pengawasan maka menurutnya, pihak pemko bisa mendapatkan  titik temu dalam menyelesaikan persoalan inflasi akibat meroketnya komoditas pokok  yang selalu terjadi di hari besar keagamaan tersebut.

Pengendalian harga barang bisa diantisipasi. Mulai dari harga eceran, tengkulak sampai ke penjual, bisa dilakukan pengendalian secara tersistem demi memenuhi kebutuhan masyarakat,” tutupnya. (MC. Isen Mulang.1)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan