Opsar Murah Langkah Nyata Kendalikan Lonjakan Harga Komoditas Pangan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Operasi pasar (Opsar) sembako murah yang dilaksanakan Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan Perindustrian (DPKUKMP) setempat, adalah sebagai langkah untuk mengendalikan naiknya harga kebutuhan pokok di masyarakat.

Hal tersebut disampaikan wali kota disela-sela memantau kegiaan opsar di Jalan Kecipir, Kelurahan Panarung Kecamatan Pahandut, Palangka Raya, Rabu (20/9/2023).

“Operasi pasar sembako murah ini akan terus dilaksanakan. Tidak hanya sembako murah, kami juga akan menyubsidi berbagai bahan kebutuhan, seperti Elpiji 3 kg. Artinya apapun yang kurang stabil di pasaran, kami akan lakukan operasi pasar murah,” ungkap Fairid, menambahkan.

Wali kota memastikan, pihaknya akan terus memantau perkembangan harga di pasaran, guna mengambil langkah selanjutnya di dalam menekan harga komoditas kebutuhan pokok masyarakat.

Sementara itu Kepala DPKUKMP Kota Palangka Raya, Samsul Rizal menjelaskan, operasi pasar sembako murah akan dilakukan di setiap kelurahan secara bergiliran. “Terkhusus warga tidak mampu akan di data oleh RT masing -masing, dan diberikan kupon untuk mendapatkan sembako murah bersubsidi,” terangnya.

Adapun disebutkan Samsul, dalam opsar sembako murah bagi warga di Jalan Kecipir itu disalurkan sebanyak 400 paket sembako yang berisikan, 5 kg beras, 2 liter minyak goreng dan 2 kg gula pasir. Untuk mendapatkannya, warga cukup membayar Rp100 ribu dengan harga asli Rp150 ribu, yang sudah disubsidi Pemko Rp50 ribu.

“Kami akan terus memantau setiap perkembangan harga kebutuhan pokok di pasaran, sebagai tolak ukur dalam mengantisipasi lonjakan harga, sekaligus mengambil keputusan untuk melakukan operasi pasar,” pungkas Samsul. (MC. Kota Palangka Raya.1/ndk)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *