Nelayan Harus Utamakan Kelestarian Lingkungan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Tim Satuan Tugas Penerangan TNI Manunggal Mambangun Desa (TMMD) ke-115 Komando Distrik Militer (Kodim) 1016/Palangka Raya, melakukan komunikasi sosial nelayan di Kelurahan Petuk Ketimpun, Jumat (21/10/2022).

Komunikasi Sosial (Komsos) merupakan metode pembinaan teritorial yang rutin dilakukan oleh para personel Satuan Tugas TMMD ke 115 Kodim 1016 Palangka Raya sebagai ajang silaturahmi dengan warga binaannya.

Dalam kegiatan komsos itu, Koptu Agung Setiawan meminta agar para nelayan bersama-sama menjaga kelestarian Sungai Rungan sebagai mata pencarian para nelayan.

“Mari kita jaga kelestarian sungai Rungan dengan tidak melaksanakan tindakan-tindakan yang dilarang, seperti mencari ikan dengan pukat harimau dan bom ikan, yang dapat merusak ekosistem air dan potensi ikan,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Agung juga memberi imbauan kepada warga dan nelayan agar selalu mewaspadai cuaca ketika melaksanakan aktivitas mencari ikan. Sebab cuaca saat ini tidak menentu.

Sementara itu Fauzi, nelayan di Kelurahan Petuk Katimpun mengatakan, dari pendapatan tangkapan ikan lebih banyak waktu musim kemarau. Namun bila masuk musim penghujan pendapatan sedikit tapi harga jual tinggi.

“Musim kemarau paling sedikit pendapatan ikan per hari 10 kg dan bila musim banjir 1 atau 2 kg aja susah, cukup untuk makan sehari hari,” ungkapnya.

Fauzi berharap dengan adanya kegiatan TMMD dari TNI di Kelurahan Petuk Katimpun, dapat mengatasi kesulitan para masyarakat bantaran sungai Rungan, setidaknya warga atau nelayan dapat menyampaikan keluh kesahnya kepada pemerintah setempat melalui tim TMMD. (MC. Isen Mulang.1/nd)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *