Napi Rutan Kelas IIA Palangka Raya Mahir Bikin Kerajinan Dari Bahan Getah Nyatu

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Jika dibina dan diajari, ternyata para nara pidana yang menghuni Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIA Palangka Raya juga bisa berkarya. Ini terlihat dari berbagai kerajinan yang mereka hasilkan.

Para napi binaan Kepala Rutan Kelas IIA Palangka Raya, Akhmad Zaenal Fikri bisa membuat aneka kerajinan. Di antaranya gantungan kunci, miniatur rumah, dan perahu khas Dayak. Hebatnya, semua kerajinan ini dibuat dari getah nyatu.

Produk kerajinan mereka menurut Akhmad Zaenal memiliki nilai ekonomis tinggi, karena selain cara mendapatkan bahan bakunya agak sulit juga cara membuatnya butuh ketelatenan dan kesabaran. Jadi tidak semua orang bisa membuatnya.

Selain itu para napi juga mahir membuat kalung manik-maik, kotak tisu, dan aneka tas anyaman dari benang rajut. Menurut Akhmad, pembinaan dan pendidikan membuat berbagai kerajinan dan ketrampilan selama menjalani masa hukuman merupakan program wajib.

“Sesuai aturan undang-undang, lembaga pemasyarakatan diwajibkan untuk memberikan ketrampilan kepada napi, namun sifatnya tidak dipaksakan, bagi yang mau saja,” kata Akhmad yang merupakan putra kelahiran Nusa Tenggara Barat.

Diharapkan setelah mereka keluar dari penjara bisa mandiri dengan membuka usaha sendiri, sehingga mereka tidak ketergantungan dengan mencari pekerjaan lain. Diharapkan pula dengan ketrampilan yang mereka peroleh bisa ditularkan kepada masyarakat. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan