Nama Sebenarnya George Obus Umar

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sampai saat ini banyak masyarakat Provinsi Kalimantan Tengah, khususnya Kota Palangka Raya yang belum tahu nama asli George Obos.

Nama Pahlawan Perintis Kemerdekaan ini telah diabadikan sebagai nama Jalan G Obos di Kota Palangka Raya. Namun penulisan nama G Obos rupanya masih salah.

Menurut Teddy Toeweh keluarga G Obos, nama asli kakeknya yang benar adalah George Obus Umar. Kata Umar diambilkan dari nama ayahnya, Heine Umar. Saat penjajahan Belanda, kata Umar dihilangkan.

“Tidak dicantumkannya nama Umar karena untuk melindungi keluarganya dari buruan penjajah. Sebab nama keluarganya di Kalimantan banyak yang memakai kata Umar. Takutnya keluarganya ikut ditangkap, makanya supaya keluarganya tetap aman, maka kata Umar dalam nama G Obus tidak dicantumkan,” tutur Teddy Toeweh saat diskusi Jejak G Obos, Minggu (28/10/2018).

Teddy menceritakan G Obus lahir pada 24 Desember 1902 di Kasongan (Tewang Sanggalang Garing). G Obos sekolah Zending di Banjarmasin 1926 dan kemudian bergabung menjadi TNI AL dengan pangkat terakhir letnan kolonel.

Setelah masa kemerdekaan, G Obos ditunjuk sebagai Bupati Barito dan Bupati Kapuas 1956-1958, menjabat anggota MPRS 1960-1967. G Obos wafat 19 April 1982 dan dimakamkan di komplek pekuburan Kristen, Pahandut, Kota Palangka Raya. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan