MOS Harus Utamakan Wawasan Edukasi

MEDIA CENTER, Palangka Raya –  Pihak DPRD Kota Palangka Raya meminta sekolah untuk melaksanakan masa orientasi siswa (MOS) dengan mengacu pada wawasan edukasi, sebagai langkah awal untuk pengenalan dan penyesuaian untuk siswa baru terhadap sekolahnya.

“Dinas Pendidikan (Disdik) diharapkan dapat mengawasi pelaksanaan MOS, agar tidak dijadikan sebagai ajang perpeloncoan. Serta menyuruh peserta didik baru mengenakan berbagai asesoris yang tidak patut digunakan,”kata anggota DPRD Kota Palangka Raya, Sugianor. 

Dia berharap MOS nantinya mengedepankan cara belajar dan konsep pengenalan diri dengan siswa baru. Bukan sebagai ajang bagi kakak kelas untuk mempermainkan peserta didik baru dengan kegiatan yang tidak mendidik. 

“Jangan melakukan perpeloncoan,  dan kekerasan terhadap peserta didik baru. Orangtua juga harus memantau pelaksanaannya. Jika ada yang janggal dan aneh laporkan, kami dari dewan juga sangat terbuka,” cetusnya, Selasa (10/7/2018).

Menurutnya, melalui laporan tersebut setidaknya pejabat pemda dapat mengambil tindakan tegas sesuai dengan aturan yang berlaku. Sehingga menjadikan efek jera bagi pelakunya, baik itu kakak kelas maupun sekolah yang bersangkutan. 

Pun begitu tambah Sugianor, kegiatan MOS pada dasarnya memiliki banyak manfaat dan bersifat penting. Selain sebagai ajang pengenalan terhadap sekolah, juga mengenalkan peserta didik baru terhadap kakak kelasnya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan