Menkominfo Disambut Upacara Adat “Potong Pantan”

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kunjungan Menteri Kominfo Republik Indonesia, Rudiantara, dalam rangka menghadiri Undangan Konfrensi Wali Gereja Indonesia (KWI) dalam rangka seminar nasional menolak hoax, fake news dan hate speech di Keuskupan Palangka Raya, Sabtu (12/05/2018), disambut dengan upacara “Potong Pantan”.

Potong Pantan dalam masyarakat Kalimantan Tengah merupakan salah satu upacara adat penyambutan tamu oleh masyarakat Suku Dayak, upacara “potong pantan” diiringgi dengan musik tradisional dan nyanyian-nyanyian. “potong pantan” merupakan tradisi setiap pejabat yang datang ke Kalimantan Tengah, dengan terlebih dahulu melaksanakan acara potong pantan (semacam kayu bulat yang dipotong dengan mandau) yang bertujuan agar tamu yang datang dari daerah lain di luar Kalimantan Tengah terlepas dari halangan dan rintangan dan dilancarkan seluruh kegiatannya”

Setelah berhasil memotong kayu dengan mandau acara penyambutan dilanjutkan dengan pengalungan karangan bunga kepada Menkominfo RI dan selanjutnya tamu dipersilahkan memasuki arena acara yang sudah dipersiapkan.

Kehadiran Menkominfo, Rudiantara didampingi oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah dan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah. Rudiantara sendiri hadir sebagai keynote speech dalam acara tersebut. (MC. Isen Mulang/nai/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan