Menjalin Kebersamaan Melalui Acara Buka Puasa Bersama

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Bentuk kerukunan antar umat beragama di Kota Palangka Raya dari dulu hingga saat ini terus terjalin dengan bagus. Jadi wajar jika Kota Cantik Palangka Raya dijuluki Bumi Pancasila, Bumi Tambun Bungai.

Predikat Bumi Pancasila ini disematkan karena masyarakat Kota Palangka Raya, khususnya Provinsi Kalimantan Tengah sangat toleran, meski warganya berbeda-beda suku, agama, dan kepercayaan, namun tetap hidup rukun berdampingan.

Bentuk keharmonisan yang terus terjalin harmonis ini bisa dilihat melalui acara-acara keagamaan. Salah satu contohnya saat digelarnya acara buka puasa di rumah pribadi Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya Kandarani di Jalan Rajawali V No 29.

Acara buka puasa ini tidak hanya dihadiri dari kalangan pejabat jajaran kepala dinas yang beragama Islam saja, namun yang bergama Kristen, dan lainnya juga hadir. Para pejabat yang hadir ini juga dari berbagai latar belakang suku.

Namun semuanya bisa bersukacita dalam suatu kebersamaan untuk mengikuti jalannya acara buka puasa yang juga dihadiri Wakil Walikota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio.

Tidak hanya saat momen Ramadan, bentuk saling menghormati antar sesama pemeluk agama seperti ini selalu diperlihatkan oleh kepemimpinan Walikota Palangka Raya, Riban Satia bersama Wakilnya Mofit Saptono Subagio beserta jajarannya.

Misalnya saat umat Kristiani sedang merayakan Natal giliran umat lainnya ikut menyambangi. Begitu pula saat umat Hindu dan Kaharingan, para pejabat pemko yang dipimpin walikota dan wakilnya juga melakukan safari nyepi.

Sementara itu dalam momen Ramadan ini Sekda Kandarani mengucapkan banyak terima kasih karena para handai taulan dan rekan seprofesinya, meskipun berbeda latar belakang sudah berkenan hadir diacara yang penuh berkah ini.

Kandarani berharap tradisi seperti ini terus dilakukan, karena selain untuk mempererat tali silaturahmi dan menjalin kebersamaan serta keakraban antara sesama pemeluk agama. Tujuannya saling intropeksi antara satu dan yang lainnya. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan