Menjaga Kamtibmas Jelang Natal dan Tahun Baru

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Walikota Palangka Raya Fairid Naparin mengajak semua elemen masyarakat untuk dapat bersama-sama menjaga keamanan, dan ketertiban (kamtibmas) diseluruh wilayah ibukota Provinsi Kalimantan tengah tersebut.

Pentingnya menjaga kamtibmas itu kata dia, mengingat saat ini sudah memasuki akhir tahun, dimana masyarakat akan menyongsong perayaan Natal dan selanjutnya menyambut tahun baru 2019.

“Selain sudah menjadi tugas pokok dari aparat keamanan, namun peran serta masyarakat menjaga kamtibmas, akan lebih mampu menciptakan suatu wilayah aman dan kondusif,” ungkap Fairid, Jum’at (30/11/2018).

Meskipun Kota Palangka Raya masih dalam situasi aman dan terkendali namun kata Fairid, masyarakat tetap harus waspada. Hal itu juga sejalan dengan harapan pemerintah bahwa setiap warga negara berhak dan memiliki kewajiban untuk menjaga dan menciptakan keamanan wilayahnya masing-masing.

“Hal ini penting saya ingatkan, terlebih umat Kristiani akan menjalankan ibadah dan  perayaan Natal sehingga memerlukan dukungan bersama untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif,” ujarnya lagi.

Kata Fairidi membangun harmonisasi sesama umat dan masyarakat luas akan terjalin melalui tolerasi tinggi. Salah satunya kokoh mengedepankan rasa persatuan dan kesatuan. Khususnya untuk Palangka Raya adalah falsafah Huma Betang yang dijunjung tinggi oleh masyarakat selama ini.

“Dengan menjunjung tinggi hal tersebut maka saya yakin dan percaya tidak ada yang mampu memecah belah persatuan kita semua. Terlebih dengan memegang teguh prinsip Huma Betang yang merupakan simbol kerukunan warga dayak Kalimantan Tengah,’ tegasnya.

Fairid pun meminta kepada penegak hukum dan lembaga lainnya, untuk bersama-sama pula menjaga stabilitas keamanan di Kota Palangka Raya, terutama lebih ditingkatkan saat menjelang Natal dan tahun baru. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan