Menguatkan Jiwa Kepramukaan Melalui Kemah Blok

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Semarak semangat itu tampak di halaman sekolah. Para siswa berseragam Pramuka lengkap. Demikian juga para guru pembina. Upacara pembukaan Kemah Blok bagi siswa SMAN 5 Palangka Raya.

Kepala SMAN 5 Palangka Raya sekaligus Ketua Mabigus, Ramli membuka langsung kegiatan Kemah Blok. Dalam amanatnya dia menjelaskan pendidikan Kepramukaan merupakan ekstrakurikuler wajib yang harus diikuti oleh seluruh peserta didik sebagaimana tertuang dalam Permendikbud No 63 Tahun 2014.

“Pendidikan Kepramukaan berisi perpaduan antara proses pengembangan dan pembinaan nilai sikap dan keterampilan. Kemah Blok ini merupakan salah satu model pendidikan Kepramukaan,” sebut Ramli, Rabu (27/7/2022).

Melalui kegiatan ini para siswa harus bisa mengikuti dengan baik sebagai bagian upaya mewujudkan pribadi yang berkarakter mulia, seperti bertakwa kepada Tuhan YME, jujur, rendah hati, disiplin, dan pantang menyerah.

Ramli menekankan agar para siswa benar-benar bisa mengamalkan Satya Pramuka dan Darma Pramuka. Jiwa kepramukaan harus diimplementasikan agar benar-benar memberikan manfaat bagi diri, sekolah, lingkungan, dan masyarakat luas.

Selama Kemah Blok yang berlangsung selama dua hari, para siswa mengikuti berbagai kegiatan yang digelar. Para pembina pun terlihat bersemangat bekerja sama untuk melaksanakan tugasnya dengan baik. (MC Isen Mulang.2/wspd)

0 tanggapan

Beri Komentar

Ingin memberikan tanggapan?
Jangan Sungkan!

Tinggalkan Balasan