Mendikbud Tinjau Gedung SMP-SMA Islam Terpadu Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Efendi dalam rangka kunjungan kerjanya ke Kota Palangka Raya menyempatkan meninjau Gedung Harapan Insan Kalimantan (Hasanka) Boarding School SMP-SMA Islam Terpadu, Palangka Raya, Senin (17/7/2017).

Peninjauan sekolah yang menerapkan sistem full day school (FDS) ini dilakukan seusai Mendikbud membuka Kemah Budaya Nasional (KBN) di Bumi Perkemahan Kambariat Tuah Pahoe, Kelurahan Sabaru, Kota Palangka Raya 10.30 WIB.

Ikut hadir dalam peninjauan ini Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah, Habib H Said Ismali, Walikota Palangka Raya, HM Riban Satia, Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, Ade Supriadi dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah, Slamet Winaryo.

Dalam sambutannya Mendikbud Muhadjir Efendi menyambut positif dengan adanya Hasanka Boarding School SMP-SMA Islam Terpadu, Palangka Raya ini. Hadirnya FDS ini menurutnya merupakan lembaga pendidikan yang mampu mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas.

Diakui saat ini sekolah yang menerapkan sistem ajar FDS sedang menjamur di seluruh Indonesia. Hal ini menurutnya merupakan salah satu respon untuk mempercepat guna memperbaiki kualitas sumber daya manusia (SDM).

Sebab menurutnya saat ini pembangunan bidang pendidikan di Indonesia sangat tertinggal jauh dibandingkan dengan Singapura yang lebih maju 15 tahun, sedangkan jika dibandingkan dengan Australia, Indonesia sudah tertinggal 10 tahun.
Namun ketertinggalan ini menurutnya masih bisa diperbaiki. Salah satunya dengan banyak hadirnya sekolah FDS dan sekolah-sekolah milik pemerintah.

Sementara itu pemilik Yayasan Hasanka Boarding School SMP-SMA Islam Terpadu, Iwan Kurniawan mengatakan sekolah unggulan miliknya ini didirikan murni dari uang pribadinya. Dia juga berharap nantinya ada bantuan dari pemerintah.

Dia mengatakan motivasi mendirikan sekolah ini untuk mempercepat pembangunan dibidang pendidikan di Provinsi Kalimantan Tengah. Ternyata respon masyarakat cukup baik dengan hadirnya Hasanka Boarding School SMP-SMA Islam Terpadu ini.

Respon positif ini bisa dilihat dari minat para orangtua untuk mensekolahkan anaknya di Hasanka Boarding School SMP-SMA Islam Terpadu. Dimana baru dibuka pertama kali sudah ada 117 anak sekolah di sini. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan