Memukaunya Pentas Kesenian TKTB di Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Penampilan para duta seni dari kontingen perwakilan provinsi di Indonesia yang mengikuti pentas seni daerah yang digelar di teater terbuka Taman Budaya Palangka Raya, berhasil memukau ribuan  penonton di Kota Palangka Raya.

Kegiatan pentas seni daerah itu sendiri merupakan rangkaian dari perhelatan Temu Karya Taman Budaya  (TKTB) se Indonesia ke-17, Museum Basoeki Abdullah dan Galeri Nasional  yang digelar dari tanggal 12-16 September 2018 di Kota Palangka Raya.

Dari pantauan awak Media Center di arena teater terbuka Taman Budaya Palangka Raya, terhitung selama tiga malam berturut-turut, yakni dari tanggal 12 sampai dengan 14 September 2018, penampilan para duta seni dari kontingen perwakilan provinsi yang mendapatkan jadwal manggung, terlihat tampil apik, enerjik dan mampu menggambarkan makna seni budaya untuk disampaikan kepada ribuan penonton yang menyaksikan 

Seperti dihari pertama kegiatan, tim kesenian Provinsi  Kalteng, terlihat tampil penuh energi dengan menampilkan teatrikal tari yang mengandung makna serta cerita budaya yang ada di Bumi Tambun Bungai Bumi Pancasila. Hal yang sama juga dipertunjukan tim kesenian Sulawesi Utara, Kalimantan Barat, Jawa Barat dan  Sulawesi Tenggara

Begitupula dihari kedua, setidaknya ada 13 tim kesenian perwakilan provinsi yang tampil dan mampu memukau penonton. Seperti halnya, tim kesenian Sumatera Utara yang menampilkan teatrikal tari yang diiringi musik khas serta puisi mampu membuat  penonton dan tamu TKTB terkagum-kagum.

Dimalam ketiga pelaksanaan pentas kesenian, juga terlihat tim kesenian daerah di Indonesia mampu mempersembahkan karya kreatif budayanya dengan baik. Seperti tarian dari Provinsi Riau, Jawa Timur maupun Papua yang mengundang aplus meriah penonton. Begitu pula paduan suara serta olah vokal yang berhasil dibawakan tim kesenian Provinsi Maluku, dengan mampu membuat merinding para penonton yang datang berbondong-bondong ke arena panggung teater

“Ya, saya merasa terhipnotis dan merinding melihat penampilan para penggiat seni budaya  dari daerah-daerah di Indonesia. Hasil karya anak bangsa ini perlu dilestarikan dan dikembangkan,”ucap Cornelia seniman warga Palangka Raya, Jumat (14/9/2018) malam.

Sebelumnya Direktur Kesenian Ditjen Kebudayaan Kemendikbud RI, Restu Gunawan mengatakan, temu karya taman budaya menjadi ajang bergengsi bagi para seniman ditanah air untuk memperkenalkan hasil karyanya.

“Dari sini akan muncul spirit persaudaraan dalam mengembangkan seni budaya, sesuai UU nomor 5 tahun 2015 tentang kebudayaan,” tuturnya saat pembukaan event nasional itu. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan