Memperkenalkan Budaya Dayak Lewat Festival Budaya Borneo

MEDIA CENTER, Palangka Raya –  Festival Pesona Budaya Borneo 2 yang digelar di Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan dari 11-12 Agustus 2018, secara resmi dibuka oleh Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor. 

Kegiatan festival tersebut diikuti  seluruh Dewan Adat Dayak (DAD) provinsi se-Kalimantan. Seperti perwakilan DAD dari Kalsel, Kaltim, Kaltara, Kalbar dan perwakilan DAD Kalteng.

“Ada  gagasan yang sama, dimana moment Festival Pesona Budaya Borneo 2 yang digelar adalah sebagai upaya mengenalkan budaya Dayak secara nasional bahkan mendunia,” ungkap Kepala Dinas  Kebudayaan dan Pariwisata  Provinsi Kalteng Guntur Talajan, Sabtu malam, (11/8/2018).

Dikatakan, pada Festival Pesona Budaya Borneo 2 yang dilaksanakan di Banjarmasin, secara keseluruhan akan mempertunjukan seni budaya Dayak, bahkan memperlihatkan pula produk unggulan dan inovatif daerah Kalimantan, sekaligus memperkenalkan olahraga tradisional khas serta seni tari Kalimantan. 

“Bagi Provinsi Kalteng sendiri kegiatan Festival Pesona Budaya Borneo 2, dimanfaatkan betul sebagai sarana mengenalkan budaya dan adat Dayak Kalteng secara luas,”ujar Guntur.

Menariknya lanjut Guntur, pada  saat pembukaan Festival Pesona Budaya Borneo 2 yang digelar di Banjarmasin, dihadiri antusias oleh sejumlah  perwakilan duta besar negara sahabat, diantaranya dari Yaman, Iran, Kroasia, Belarusia, Peru, Panama dan Venezuela.  Sedangkan untuk Provinsi Kalteng, pembukaan festival tersebut dihadiri Plt Sekda Kalteng, Fahrizal  Fitri.

“Tadi Plt Sekda Kalteng, Fahrizal  Fitri mengatakan agar Festival Pesona Budaya Borneo ini betul-betul bisa di manfaatkan dengan baik, sebagai upaya peningkatan wisata daerah dan berimplikasi terhadap kesejahteraan,” tutup Guntur menyampaikan. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan