Mekanisme Sistem Skoring Musrenbang di Kelurahan Panjehang di Apresiasi Masyarakat

MEDIA CENTER, Palangka Raya -Musyawarah Rencana Pembangunan (MUSRENBANG) Tingkat Kelurahan di Kelurahan Panjehang Kecamatan Rakumpit, Kota Palangka kali ini sangat di apresiasi oleh masyarakat Kelurahan Panjehang karena biasanya Musrenbang hanya merupakan  acara seremonial  saja, namun tahun ini program usulan oleh masyarakat secara transparan dapat di deteksi oleh masyarakat berdasarkan mekanisme Desk dengan menggunakan sistem skoring untuk menentukan skala prioritas, sehingga pada saat itu juga masyarakat sudah dapat mengetahui usulan program yang di lanjutkan pada Musrenbang Tingkat Kecamatan.

Hal ini di sampaikan oleh Camat Rakumpit Wiliam pada acara Pembukaan  Musrenbang Tingkat Kelurahan di Kelurahan Panjehang Rabu (31/01/2018) di aula Kantor Kelurahan Panjehang,  yang di hadiri oleh SOPD di Lingkungan Pemerintah Kota Palangka Raya,  yakni BAPPEDA,  Dinas Koperasi, Diskominfo Statistik dan Persandian,  Disdukcapil, Disdik, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas PU dan Penataan Ruang, Dispora, Dinas Budpar, Dishub, Dinas Damkar, Dinas Kesehatan,  tokoh masyarakat, perwakilan RT/ RW, perwakilan dari Kotaku, LKK dan Lurah Panjehang.

Dari hasil Mekanisme Desk Musrenbang Kelurahan Panjehang ada 7 SOPD yang  melakukan Skoring  terhadap usulan program dari masyarakat  yaitu antara lain :
1. Pembangunan pelabuhan Rt 02 Panjehang 2.Penyediaan PJU 3. Pembangunan Tower signal handphone 4.  Pembangunan poskamling 5. Pembangunan gedung karang taruna 6. Rehab berat gedung sanggar Kelurahan 7. Rehab berat gedung posyandu 8. Pembangunan ruang kelas 9
Rehab berat gedung PAUD 10. Pembangunan perpustakaan SDN 11. Pembangunan kantor guru SDN 12. Bantuan bibit mangga, sawo, rambutan, lengkeng dan buah naga 13. Pengadaan kelotok pustu 14. Pembangunan Tower air pustu kelurahan 15. Bantuan dana utk koperasi sinar maju 16. Rehab berat jembatan penghubung ke kelurahan Petuk Barunai 17. Rehab jalan Rakumpit Raya penghubung antara kelurahan 18. Pembangunan jembatan binjai RT 01 19. Pembangunan jembatan nange penghubung kelurahan ke Gaung Baru 20. Rehab jalan  panjehang laut.

Dari pantauan tim Media Center Isen Mulang Palangka Raya bahwa masyarakat mengharapkan hasil Musrenbang betul-betul dapat di rasakan manfaatnya oleh masyarakat Kelurahan Panjehang, dari oleh dan untuk masyarakat ” ujar”  Feri, warga Kelurahan Panjehang. ( MC. Isen Mulang/ tina/engga).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan