Masyarakat Kelurahan Pager Diajari Cara Membuat Kompos

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Bidang Kebersihan pada Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Palangka Raya mengadakan sosialisasi dan implementasi kompos kepada masyarakat Kelurahan Pager, Kecamatan Rakumpit.
 
Sosialisasi yang diadakan pada Jumat (27/10/2017) ini dilaksanakan di aula Kelurahan Pager. Dalam sosialisasi ini masyarakat diperkenalkan cara pengolahan dan pemanfaatan sampah rumah tangga dan dedaunan yang bisa dijadikan kompos.
 
Pelatihan pembuatan kompos ini langsung dihadiri Kabid Kebersihan pada Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Palangka Raya, Mardian.
 
Sedangkan penggagas pelatihan ini adalah Kepala UPT Pengelolaan Sampah Terpadu Kecamatan Rakumpit, Abed Nego, S.Pt. Pelatihan ini dilakukan untuk memenuhi tugas Diklatim IV.
 
Adapun latar belakang diadakannya pelatihan kompos ini karena sampah rumah tangga, khususnya sampah dedaunan di wilayah Pager cukup melimpah dan belum dimanfaatkan untuk pupuk organik.
 
Dalam pelatihan ini masyarakat di dua RT di Kelurahan Pager diberikan alat komposer. Jika proyek perubahan ini sukses, maka nantinya seluruh UPT Pengelolaan Sampah Terpadu seluruh Kota Palangka Raya akan mengadopsi konsepnya ini.
 
Menurut Abed Nego, untuk jangka menengah dan panjang, program pembuatan kompos ini sudah dimasukan dalam RKA dinas untuk menunjang kegiatan sarana dan prasarana UPT Kecamatan Rakumpit. (*engga)
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan