Maksimalkan Peran Babinsa Sebagai Motivator Bagi Kelompok Tani

MEDIA CENTER, Palangka Raya –  Babinsa Koramil 1016-01/Pahandut Pelda Nurkholis melaksanakan upaya khusus (Upsus) dalam membantu meningkatkan hasil produksi pertanian bersama kelompok tani (poktan) diwilayah binaan. Selasa (25/1/2022)

Kegiatan itu dilaksanakan dengan memberikan motivasi serta penyuluhan secara door to door bersama pihak kelurahan ke beberapa poktan yang menjadi wilayah tanggung jawabnya.

“Sebagai Babinsa harus bisa menjadi motivator bagi kelompok tani dalam mengembangkan unit usaha pertaniannya,” ucap Nurkholis.

Disebutkan, pemberdayaan usaha tani masing-masing anggota Poktan secara keseluruhan merupakan satu kesatuan usaha yang dapat dikembangkan untuk mencapai skala ekonomi usaha, dengan menjaga kuantitas, kualitas dan kontinuitas.

“Dengan ikut memajukan setiap kelompok tani di Kelurahan Petuk Katimpun ini diharapkan dapat meningkatkan sektor pertanian setempat, untuk memenuhi kebutuhan pasar khususnya di Kota Palangka Raya,” tutur Babinsa Pelda Nurkholis.

Sementara itu, Kelurahan Petuk Katimpun melalui Sekretaris Lurah Ibu Angelia Eva Solina Angga, S.Pd mengatakan, pemberdayaan merupakan aspek penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya pemberdayaan kelompok tani dengan langkah-langkah yang tepat untuk menciptakan iklim dan suasana pemberdayaan yang kondusif.

“Kelurahan Petuk Katimpun telah menjalankan strategi yang cukup baik untuk memberdayakan kelompok tani, sehingga telah dirasakan manfaatnya oleh petani, salah satunya mengandeng peran Babinsa sebagai motivator bagi mereka,” ucap Seklur.

Lanjutnya, dengan adanya pendampingan dari pihak TNI diharapkan para petani bisa lebih giat lagi dalam menekuni usaha taninya, sehingga wilayah Kelurahan Petuk Katimpun bisa menjadi sentra pertanian seperti kelurahan lainnya yang ada di Palangka Raya. (MC. Isen Mulang/Pendim 1016-Plk/jld/rz)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *