Mahasiswa IAIN Belajar Kepemimpinan di DPRD Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya yang tergabung dalam organisasi Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) mengadakan pelatihan kepemimpinan, Jumat (16/2/2018).

Agenda pelatihan ini juga dirangkai dengan audiensi leadership training camp 2.0 dengan Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit Karyawan Yunianto di ruang rapat paripurna.

Di sini ketua dewan memberikan kuliah singkat kepada mahasiswa IAIN Palangka Raya dengan materi kepemimpinan lembaga dewan beserta tugas dan fungsinya.

Menurut Sigit, fungsi lembaga wakil rakyat ada tiga yakni fungsi budgeting (penganggaran) kontrolling (pengawasan), dan legislasi (membuat undang-undang atau produk hukum).

Penjabarannya fungsi budgeting, DPRD bersama eksekutif atau dinas membahas anggaran kegiatan atau program yang akan dijalankan di tahun berikutnya.

Kemudian fungsi kontrolling, DPRD setiap periode tertentu wajib melakukan pengawasan terhadap kegiatan atau program yang dilaksanakan dinas apakah sudah berjalan sesuai rencana atau tidak.

Selanjutnya fungsi legislasi, dimana DPRD membahas usulan produk hukum atau Raperda yang diajukan eksekutif atau bisa juga DPRD membuat Perda inisiatif untuk kepentingan daerah.

Setelah menjelaskan panjang lebar mengenai tugas dan fungsi dewan, Sigit memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya. Sigit mengaku bangga dengan mahasiswa IAIN.

“Kami bangga karena mahasiswa IAIN sangat kritis dengan pertanyaannya dan keberanian mereka sangat luar bisa dan wawasan yang mereka miliki cukup luar biasa,” ucapnya.

Ketua DEMA IAIN Palangka Raya, Kamil menjelaskan tujuan diadakannya pelatihan kepemimpinan ini untuk meningkatkan SDM mahasiswa agar kelak menjadi pribadi yang mumpuni. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan