Mahasiswa dan Pramuka Diajak ikut Awasi Pemilu 2019

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Setelah menggandeng media massa, kini Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kalteng, merencanakan akan melibatkan para mahasiswa serta para anggota Praja Muda Karana (Pramuka) untuk mengawasi jalannya pemilihan umum (Pemilu) 2019.

“Mahasiswa dan anggota Pramuka adalah anak-anak muda yang intelektual dan  idealistis. Kalau kita bekerja sama dengan mereka tentu pengawasan akan berjalan lebih maksimal,” jelas Kepala Divisi Organisasi dan SDM Bawaslu Provinsi Kalteng, Tity Yukrisna dalam acara media gathering yang digelar Bawaslu Kota Palangka Raya Rabu (21/11/2018) sore.

Menurutnya, sasaran kerja sama Bawaslu terkhusus untuk Pramuka adalah para siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat yang sudah terhitung pada usia pemilih pemula. Sedangkan mahasiswa dapat dipastikan usianya telah memenuhi syarat untuk berpartisipasi sebagai pemilih.

“Tujuan akhir kerja sama ini adalah tercapainya pengawasan pemilu yang efektif yang dilakukan mahasiswa dan Pramuka. Setidaknya mereka mampu berkontribusi dalam pengawasan pemilu,” kata Tity.

Untuk mewujudkan kerja sama tersebut, Bawaslu Kalteng akan berkoordinasi dengan pihak perguruan tinggi maupun pengurus kwartir Pramuka. 

Terlebih mahasiswa dan Pramuka dinilai memiliki tanggung jawab bersama terhadap proses demokrasi di Indonesia, terutama mengawasi tahapan maupun pelaksanaan pemilihan umum.

“Kita akan melakukan sosialisasi pembekalan dan edukasi kepada mereka ini, untuk bisa melakukan pengawasan partisipatif dan kritis termasuk mengetahui tentang proses pemilu.,”ujar Tity.

Dikatakan, suksesi pemilu 2019 mendatang membutuhkan perhatian serta pengawasan dari semua pihak yang salah yang salah satunya dari mahasiswa dan  anggota Pramuka. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan