Lulusan Pondok Pesantren Ikuti Seleksi Program Beasiswa Kedokteran

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Terobosan mulia dilakukan Walikota Palangka Raya HM Riban Satia. Diakhir masa jabatannya walikota memberikan beasiswa sekolah kedokteran ke Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

Program beasiswa ini diberikan khusus untuk lulusan pondok pesantren atau madrasah aliyah (MA). Selain jurusan kedokteran juga ada jurusan keperawatan, apoteker, dan kesehatan masyarakat.

Pemerintah Kota Palangka Raya sudah mengalokasikan dana Rp5 miliar untuk membiayai empat program beasiswa ini hingga mereka lulus. Seleksi calon penerima beasiswa bidang kesehatan ini dilakukan di SMAN-2 Palangka Raya, Selasa (13/6/2017).

Proses seleksi calon penerima beasiswa ini langsung dilakukan oleh UIN dan dihadiri Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta H Arif Sumantri, beserta jajarannya.

Setidaknya ada 58 lulusan pondok pesantren atau MA yang mengikuti seleksi calon penerima beasiswa ini. Yakni lulusan dari Madrasyah Hidayatul Insan, MAN Model, MA Darul Hijrah, Madrasah Muslimat NU, dan Madrasyah Darul Ulum.

Dalam seleksi ini selain harus pintar dibidang ilmu pengetahuan alam dan umum lainnya, syarat bisa diterima mendapat beasiswa ini adalah harus pintar mengaji dan ilmu agama lainnya. Sedangkan soal yang diujikan juga sudah divalidasi oleh Kementerian Agama.

Arif Sumantri menjelaskan alasan UIN Syarif Hidayatulla membuka peluang lulusan pondok pesantren atau madrasah untuk masuk fakultas kedokteran karena selama ini mereka kalah bersaing dengan lulusan dari sekolah umum.

Oleh karena itu sesuai marwahnya, setiap tahun UIN Syraif Hidayatullah mengalokasikan kuota 30 persen untuk lulusan pondok pesantren atau madrasah dan sisanya dari sekolah umum.

Arif dan walikota mengharapkan para lulusan UIN Syarif Hidayatullah yang telah menerima beasiswa dari pemerintah kota ini nantinya harus kembali ke daerah untuk mengabdi kepada masyarakat Palangka Raya. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan