Luapan Sungai Kahayan dan Sungai Rungan Berdampak Kepada Masyarakat

MEDIA CENTER, Palangka Raya -Sejumlah pemukiman warga di Kota Palangka Raya tergenang banjir, akibat terjadinya luapan air Sungai Kahayan dan Sungai Rungan. Kondisi diperparah lagi oleh turunnya hujan deras yang terjadi dalam beberapa hari terakhir.

“Ada beberapa kawasan pemukiman warga di Kelurahan Bukit Tunggal yang terdampak luapan air Sungai Kahayan dan Sungai Rungan,”ungkap Lurah Bukit Tunggal Kecamatan Jekan Raya, Heri Fauzi, Minggu pagi (29/4/2018).

Disebutkan Heri, kawasan pemukiman warga yang cukup merasakan akibat luapan sungai tersebut antara lain, kawasan perumahan di Jalan Danau Rangas dan Jalan Mutiara Km, 4 (Danau Parupuk) jalur Jalan Tjilik Riwut Palangka Raya.

Dua kawasan pemukiman itu terlihat tergenang oleh air setinggi lutut orang dewasa, sehingga menganggu aktivitas warga, termasuk menghambat jalur transportasi kendaraan yang lewat melintas kawasan pemukiman.

“Ya, kawasan ini memang menjadi langganan banjir akibat luapan air Sungai Kahayan dan Sungai Rungan. Terlebih air akan kian tinggi merendam pemukiman, manakala hujan turun lebat,”tutur Heri.

Akibatnya, tidak sedikit beberapa warga yang terpaksa harus mengungsi ke rumah kerabatanya. Karena air masuk kedalam rumah.

“Kami menghimbau warga yang rumahnya tergenang air, supaya tetap hati-hati terutama terhadap aliran listrik serta lebih extra lagi mengawasi putra putrinya kalau bermain air,”pinta Heri, yang saat itu turun memantau kawasan warga yang terendam.

Semoga saja, debit luapan air sungai segera turun dan tidak sampai lama merendam kawasan perumahan dan pemukiman masyarakat, sehingga  aktifitas warga pun bisa kembali dengan normal. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan