Lima Program Prioritas Petuk Katimpun Dibawa ke Musrenbang Kecamatan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kamis 18 Januari 2018 lalu Kelurahan 
Petuk Katimpun mengadakan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) untuk membahas usulan program dari tingkat rukun tetangga (RT) yang akan direalisasikan di 2019.

Musrenbang itu dihadiri perwakilan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Kota Palangka Raya, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Palangka Raya, Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya, Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya, dan Bappeda Kota Palangka Raya. 

Dalam Musrenbang yang dipimpin Lurah Petuk Katimpun Zaid Bachsin tersebut menerima 30 usulan program prioritas dari seluruh RT. Namun dari 30 usulan ini kemudian dirangking untuk mengetahui skala prirotas tingkat kelurahan.

Hasilnya, dari 30 usulan tersebut diperoleh lima program prioritas yang akan dibawa ke Musrenbang tingkat Kecamatan Jekan Raya. Ke-5 program prioritas ini adalah pembuatan jalan titian di RT 01 dan RT 02, RW 01.

Kemudian penataan kawasan Danau Hanjalutung, pembuatan box culvert di Jalan AMD ujung, rehabilitasi jalan RT 06, dan peningkatan Jalan Pandidikan mulai dari jalan utama atau samping kantor kelurahan sampai ke Danau Ilung. 

“Namun dari ke-5 usulan ini tergantung kecamatan apakah akan diakomodir semua atau tidak, karena untuk Kecamatan Jekan Raya hanya punya jatah 20 usulan program prioritas dari seluruh kelurahan,” tutur Ketua LKK Kelurahan Petuk Katimpun, Sukiran, Senin (22/1/2018).

Sukiran menjelaskan mulai tahun ini mekanisme pembahasan program saat Musrenbang berbeda dari tahun sebelumnya. Tahun ini setiap RT langsung menyampaikan kepada pejabat SOPD yang hadir dalam Musrenbang tersebut, kemudian mereka menyampaikan dasar skala prioritasnya.

“Saat itu juga pejabat SOPD melakukan rangking terhadap usulan per RT. Setelah skor usulan diketahui maka disepakati program prioritas tingkat kelurahan sebagai dasar untuk dibawa pada Musrenbang tingkat kecamatan,” tandasnya. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan