Lewat Bandara Tjilik Riwut Tak Perlu Tes PCR Dan Antigen Lagi

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Mulai Selasa (8/3/2022) Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya tak lagi menerapkan kebijakan wajib tes PCR dan antigen bagi pelaku perjalanan udara.

Executive General Manager Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya, Siswanto menjelaskan kebijakan ini berdasarkan surat edaran (SE) terbaru Satgas Covid-19 Nomor 11 Tahun 2022.

“Aturan baru ini berlaku secara nasional, termasuk Bandara Tjilik Riwut. Tapi aturan baru ini khusus calon penumpang yang sudah vaksin dosis kedua atau booster,” sebutnya.

Siswanto menyebut dalam SE terbaru ini ada empat kategori pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN), selain yang sudah vaksin booster juga diatur untuk PPDN yang baru mendapat dosis pertama.

Bagi calon penumpang yang baru vaksin dosis pertama wajib menunjukan hasil negatif RT-PCR maksimal 3 hari usai pengambilan sampel atau hasil rapidtest antigen sehari sebelum berangkat.

Sedangkan yang memiliki kondisi kesehatan khusus, sehingga tidak bisa mendapatkan vaksin Covid-19 wajib menunjukan bukti tersebut dengan surat keterangan dokter.

“Selain itu tetap harus menunjukan bukti negatif Covid-19 berupa RT-PCR dengan masa berlaku maksimal 3 hari atau swab antigen dengan masa berlaku 1×24 jam,” imbuhnya.

Selanjutnya khusus anak usia di bawah 6 tahun bisa melakukan perjalanan dengan pendamping perjalanan dan menerapkan protokol kesehatan. (MC Isen Mulang.2/wspd)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *