Lebaran, Personil Damkar Standby

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Plt Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelematan Kota Palangka Raya, Gloria Aden mengingatkan masyarakat untuk memperhatikan kondisi rumah saat bepergian mudik maupun beraktivitas dilebaran Idulfitri 1440 Hijriyah. 

“Patut diwaspadai, karena sekecil titik api bisa  membahayakan dan melenyapkan pemukiman. Makanya kita kembali mengingatkan hal ini,” ungkapnya, Senin (3/6/2019).

Lanjut Gloria, walikota Palangka Raya sudah menginstruksikan Damkar untuk berkoordinasi dan menjalankan tugas dalam menekan kebakaran. Khususnya mendekati hari besar keagamaan.

“Intinya, Damkar bersama instansi lainnya siap siaga mencegah kebakaran di lingkungan masyarakat khususnya di daerah pemukiman yang padat,” ucapnya lagi.

Namun demikian sambungnya, kewaspadaan dini masyarakat sangat diperlukan. Terlebih mereka yang pergi mudik ke kampung halaman maupun keluar kota, maka  terlebih dahulu memperhatikan sarana listrik yang ada di dalam rumah masing-masing. 

“Harus kita ingat, kebakaran kerap terjadi diakibatkan arus pendek listrik dari saklar yang lupa dicabut. Tidak hanya itu saja, titik api juga bisa disebabkan kompor yang lupa dimatika,” ingatnya. 

Menurut Gloria, musibah kebakaran bisa diantisipasi dengan tingkat kesadaran masyarakat yang tinggi. Terlebih sejauh ini pemerintah melalui instansi terkait sudah seringkali menyampaikan kepada masyarakat untuk memperhatikan lingkungan di sekitarnya dalam mengurangi bahaya kebakaran. 

Disisi lain imbuhnya, Dinas Damkar sebagai intansi teknis jauh sebelumnya terus siap siaga mewaspadai munculnya musibah kebakaran yang terjadi. 

“Menghadapi lebaran tahun ini, Damkar bersama para relawan belakar serta Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPPD) kota, juga siap berkoordinasi menjalankan tugas. Kami selalu standby,” tandasnya. (MC. Isen Mulang.1)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan